HUT STT Bhina Karya, Br. Jempinis, Pererenan Bupati: Sekaa Teruna Garda Terdepan Pembangunan  

31
HUT - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-32 Sekaa Teruna Teruni (STT) Bhina Karya dan Pengukuhan Pengurus STT Bhina Karya periode 2017 - 2020, Br Jempinis, Desa Pererenan, Kec. Mengwi, Sabtu (1/7).

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-32 Sekaa Teruna Teruni (STT) Bhina Karya dan Pengukuhan Pengurus STT Bhina Karya periode 2017 – 2020, Br Jempinis, Desa Pererenan, Kec Mengwi, Sabtu (1/7) lalu. Pada kesempatan itu, Bupati didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Muspika Kec. mengwi,  Plh. Perbekel Pererenan Ketut Gede Sasmita, Bendesa Adat Pererenen Ketut Sukerasena, Kelian Dinas se-Desa Pererenan dan tokoh masyarakat.
Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa Sekaa Teruna merupakan garda terdepan dalam pembangunan. Untuk itu Giri Prasta mengajak Sekaa Teruna Bhina Karya berperan aktif memajukan pembangunan di banjar, desa maupun di Kabupaten Badung dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif,salah satunya dalam upaya pelestarian seni budaya. Giri prasta juga menyampaikan Pemkab Badung telah menetapkan Program Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Semesta artinya meyeluruh, berencana artinya terpola. Dengan lima skala prioritas pembangunan yakni pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, agama adat dan budaya jaminan sosial dan tenaga kerja serta pariwisata.
Khusus untuk masyarakat Pererenan, Bupati akan membantu perbaikan Wantilan Pura Dalem Desa Adat Pererenan dan membantu STT Bhina Karya seperangkat gamelan angklung. Bupati Badung juga berkomitmen memperhatikan pelaku seni, seniman di Badung, dengan membangun panggung budaya di Puspem Badung untuk tempat pertunjukan pelaku seni, seniman terbaik di Badung. Di sisi lain, untuk pembangunan di desa dan desa adat, Bupati mengambil kebijakan untuk menuntaskan pembangunan pura khayangan tiga dan para pemangku khayangan tiga di seluruh desa adat mulai tahun 2018 akan diberi gaji. Sebagai daerah tujuan wisata, wilayah pesisir Pererenan akan ditata dan telah disiapkan anggaran di tahun 2018 sebesar Rp 25 miliar. “Kami bersama DPRD Badung memiliki komitmen untuk menjaga dan melindungi kawasan pantai yang ada di Badung, mengingat fungsi pantai selain memiliki fungsi sosial dan ekonomis, pantai juga memiliki fungsi spiritual sehingga mempunyai nilai suci dan sakral. Pemkab Badung senantiasa mendukung dan siap memfasilitasi pendataan pantai agar kawasan pantai tetap terjaga dan asri,” katanya. (r)

BAGIKAN