Wayang Khas Bali dengan Bahan Sintetis Diminati Masyarakat

36
Beberapa jenis wayang kulit yang ditawarkan di Stan PKB. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Kerajinan khas Bali memang selalu mampu untuk menarik minat konsumen yang tidak hanya wisatawan, namun masyarakat lokal juga kian tertarik dengan berbagai kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi ini. Seperti halnya wayang kulit khas Bali dengan bahan sintetis untuk memberikan harga yang lebih murah kian diminati masyarakat lokal.

Salah seorang penjaga stan yang menjual beberapa aneka kerajinan wayang, saat ditemui di Pesta Kesenian Bali (PKB), Kamis (22/6), Nyoman Artika mengatakan, berbagai jenis kerajinan wayang baik yang berbahan kulit asli ataupun sintetis yang dijualnya, cukup menarik minat pengunjung. Wayang dengan bahan sintetis lebih menjadi daya tarik konsumen yang menawarkan harga lebih murah.

Dia menuturkan, kerajinan yang dibuat oleh kakaknya  sendiri  yaitu, I Wayan Artawa, menawarkan harga sangat bervariasi tergantung dari ukuran serta kualitas ukiran. “Kalau ukuran kecil yang terbuat dari kulit sapi dan kambing, kami jual paling murah itu Rp 450.000 per pcs, kalau yang besar itu mencapai Rp 1 juta per pcs, sedangkan yang dari kulit sintetik biasanya di sukai anak-anak kami hanya jual Rp 35 ribu per pcs dan paling mahal Rp 75 ribu per pcs,” katanya. (wid)

BAGIKAN