Jadi Pengusaha Wanita Perlu Kerja Ekstra  

21

Amlapura (Bisnis Bali) – Untuk menjadi pengusaha, wanita membutuhkan kerja ekstra ketimbang pria. Hal ini menurut Putu Astiti Saraswati, Presiden Direktur Toya Group karena wanita memiliki peran utama sebagai ibu sehingga harus benar-benar bisa membagi waktu untuk dapat menjalankan bisnis.

Dalam workshop Kecantikan dan Berwirausaha yang dilaksanakan Harian Bisnis Bali bekerja sama dengan Pemkab Karangasem, Astiti mengatakan workshop ditargetkan dapat mencetak dan menambah daftar wirausaha khususnya perempuan di Bali. “Sebagai perempuan kita memiliki peran lebih tidak saja mengurus anak-anak dan keluarga, namun juga menjadi penopang perekonomian keluarga yaitu dengan berwirausaha,” ucapnya.

Namun ia mengingatkan kaum perempuan, bahwa dalam perjalanan menuju wirausaha tersebut pada awal pasti akan muncul tantangan dan tidak akan semulus apa yang diharapkan. “Meski banyak tantangan, kita harus ingat, tujuan awal adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dari situ kita akan membina dan membangun diri dari segi manajemen dari segi cara membagi waktu,” tandasnya.

Dengan demikian keutuhan rumah tangga tetap terjaga, kesejahteraan keluarga juga meningkatkan dan aktualisasi diri juga meningkatkan karena akan bertemu dengan banyak orang dan membangun relasi serta jaringan yang lebih luas. (pur)

BAGIKAN