Olahan Jambu Biji Janjikan Keuntungan

7
Dodol dari jambu biji. (pur)

JAMBU biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karenanya, jambu biji banyak dikonsumsi sebagai  makanan buah segar hingga olahan untuk kesehatan. Olahan jambu biji ini, selain dapat lebih menarik konsumen untuk mengkonsumsi jambu juga memberikan nilai tambah bagi petani.

Selama ini jambu biji banyak dibuat menjadi jus. Menurut Ir. Ari Maya Dewi, M.P., dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, jambu biji diketahui mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C dan kadar gulanya yang hanya 8 persen.

Untuk meningkatkan nilai jual dan menjadi pendapatan tambahan bagi para petani, jambu biji bisa diolah menjadi olahan dodol, sirup, selai dan manisan. “Sebenarnya sangat banyak produk yang dihasilkan dari jambu biji terutama jambu merah. Namun yang umum yang produk tadi,” katanya.

Jambu biji getas merah ini merupakan persilangan dari jambu bangkok ke jambu lokal. Jambu biji diolah menjadi berbagai macam makanan ringan dan minuman untuk menambah nilai jual terhadap jambu tersebut. “Saat panen raya jika jambu tidak diolah, dikhawatirkan jumlah jambu biji yang begitu banyak dapat mengancam anjloknya harga jambu biji di pasaran,” tukasnya. (pur)

BAGIKAN