Denpasar (Bisnis Bali) –  Kain tenun ikat Bali khususnya songket memiliki karakteristik motif tersendiri, yang lekat dengan budaya Bali. Tak salah pesona songket hasil kreativitas pemotif Bali, tak hanya laku di pasar lokal tapi juga mampu memikat pasar ekspor. Demikian antara lain diungkapkan desainer songket Bali, Ida Ayu Kartika, baru – baru ini.

‪Dikatakan, songket merupakan jenis kain yang digunakan pada acara – acara tertentu saja. Umumnya pada ritual pernikahan, maupun ritual acara terkait lainnya seperti, potong gigi, dan lainnya. Seiring modernisasi, songket makin familiar dan menjadi jenis busana yang berkelas. Tak salah kalau ibu – ibu pejabat atau pengusaha, terpikat membelinya untuk digunakan pada acara – acara tertentu. Di pasar lokal, kain tradisional ini sangat difanatiki orang Bali. Selain bermartabat, harga jualnya juga cukup mahal. Kisaran harga songket Rp 500.000 sampai dengan di atas Rp 1 juta.

‪Menurutnya, potensi bisnis ini bisa dimanfaatkan lebih optimal para pemotif, sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Demikian juga para penenun yang tergabung di sentra – sentra usaha kecil menengah (UKM) makin menggeliat seiring ramainya permintaan pasar dalam negeri maupun ekspor.

‪Dia menilai, salah satu daya tarik songket Bali adalah motifnya lekat dengan budaya Bali. Motif – motif tersebut hanya bisa dibuat pemotif Bali yang memiliki latar belakang budaya daerah yang adiluhung. Lewat pelatihan motif secara berkesinambungan diharapkan songket Bali kian populer di dunia.

‪Pebisnis kain songket Aryawati menyampaikan, songket Bali produk khas yang bernilai ekonomi tinggi. Pengembangan songket Bali secara profesional diharapkan memberi dampak positif terhadap penguatan daya saing produk lokal. Promosi yang gencar diyakini mampu meningkatkan eksistensi songket Bali di pasaran.  Data tentang songket Bali menyebutkan, kain songket hasil tenunan tradisional asli Bali, buatan masyarakat mampu menembus pasar ekspor serta disenangi dan diminati konsumen dalam negeri terutama kaum ibu-ibu berduit dari Jakarta dan kota besar lainnya di Nusantara. (gun)

BAGIKAN