Konjen Australia Siap Bantu Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan

25
BERKELANJUTAN - Konjen Australia memberikan penjelasan terkait keberadaan wisatawan Australia di Bali dan upaya pemerintah Australia membantu pengembangan pariwisata berkelanjutan. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Perekonomian Bali didukung sektor pariwisata. Konjen Australia untuk Bali, Helena Studdert, Kamis (15/6) mengatakan, konjen Australia mendukung pengembangan pariwisata Bali berkelanjutan dan pengembangan 10 Bali baru yang diprogramkan pemerintah Indonesia.

Ia mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Bali Januari-Desember 2016 sebanyak 1.141.797 orang. Kunjungan wisatawan Australia ke Bali sampai Maret 2017 sebanyak 260.503 orang.

Ia menjelaskan, diperkirakan ada 10.000 warga Australia tinggal di Bali. Sekitar 25.000 warga Australia berada di Bali tiap hari.

Dipaparkannya, diperkirakan ada 19.000 pelajar Indonesia di Australia. Kedutaan Besar Australia di Jakarta mengeluarkan 100.000 visa kunjungan bagi warga Indonesia ke Australia di 2016. Ini meningkat 40 persen dibandingkan 2015.

Lebih lanjut dikatakannya wisatawan Australia sudah menganggap Bali sebagai rumah kedua mereka. Melihat kondisi tersebut, pemerintah Australia banyak melakukan kegiatan sosial di Bali.

Menurutnya, program Konsul Australia yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat bertema lingkungan dan pariwisata berkelanjutan. Ini antara lain untuk mendukung pengembangan 10 bali baru. “Bali menjadi contoh bagi pengembangan 10 Bali baru. Pengembangan pariwisata ini akan menjadikan  pariwisata Indonesia menjadi lebih baik,” katanya. (kup)

BAGIKAN