Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat Denpasar di dalam menerima pelayanan terutama pelayanan perizinan, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar yang dalam hal ini melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Kota Denpasar, terus melakukan inovasi di dalam mengoptimalkan pelayanan prima sesuai dengan motto Sewaka Dharma yakni, Melayani adalah Kewajiban ke pada masyarakat.

Untuk itu, DPM dan PSTP Kota Denpasar langsung turun jemput bola ke masyarakat dengan menurunkan mobil keliling perizinan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang kali ini mobil perijinan keliling langsung menuju Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Rabu (14/6).

Armada mobil keliling perizinannya yang diturunkan DPM dan PTSP Kota Denpasar ini, langsung menyasar masyarakat dengan memberikan pelayanan ke masyarakat yang akan mengurus segala keperluan perizinan di wilayah Kecamatan Denpasar Utara, tepatnya di Desa Pemecutan Kaja.

Demikian disampaikan Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan (PKPL), IB Alit Adhi Merta. “Pelayanan perizinan kelililing ini, pada prinsipnya terdapat tiga tahapan, yakni sosialisasi, informasi dan konsultasi,’’ katanya.

Lanjutnya, untuk langkah penerapannya, dengan melakukan sosialisasi dari pintu ke pintu (door to door) ke masyarakat dan pedagang, serta pengusaha-pengusaha yang ada di Desa Pemecutan Kaja. Selain itu, DPM dan PTSP Kota Denpasar juga menerima berkas permohonan izin, apabila masyarakat sudah melengkapi berkas-berkasnya dan kami terima saat ini, yakni pelaksanaan perizinan keliling ini sudah dilaksanakan mulai Selasa (13/6), selama tiga hari di Desa Pemecutan Kaja dan nantinya akan berlanjut ke Kecamatan lainnya sampai dengan 16 Agustus 2017  dan masyarakat yang sudah siap mengajukan permohonan izin, pihaknya layani langsung di pelayanan perizinan keliling ini.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pelayanan perijinan keliling ini juga menerima pelayanan pendaftaran ulang alias perpanjangan melalui Sistem Informasi Perizinan Online (Sipon). ‘’Hal ini kami fasilitasi, jika ada masyarakat yang tidak memiliki handphone android dengan layanan internet, jadi tidak perlu jauh datang ke Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Gedung Sewaka Dharma, dan kami bantu di pelayanan perijinan keliling ini,’’ ujarnya.

Pihaknya harapkan kepada para pedagang supaya mengurus izin untuk legalitas usahanya. Pihaknya juga menginformasikan izin-izin apa saja yang harus dimiliki para pedagang untuk membuka kegiatan usaha, dan operasionalnya.

Untuk manfaatnya, lanjut dia, pihaknya memberikan legalitas untuk usaha, data print perizinan, hingga untuk akses permodalan. ‘’Itulah manfaat dari izin-izin untuk kegiatan usaha, tapi banyak manfaat yang bisa didapatkan para pedagang atau pengusaha,’’ ucapnya. (sta)

BAGIKAN