BI Pastikan Penukaran Uang Bebas Biaya  

19
Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana

Denpasar (Bisnis Bali) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan penukaran uang kecil menjelang Lebaran yang resmi, karena bebas biaya dan aman. Untuk mendukung tersebut, BI Bali bersama perbankan sudah mempersiapkan strategi pemenuhan uang kartal kepada masyarakat jelang Idul Fitri 1438 H, termasuk menambah titik lokasi penukaran uang pecahan kecil.

“Jumlah loket perbankan yang tersedia 184 titik lokasi tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Jumlah loket ini naik 88 persen jika dibandingkan pada 2016 dengan 98 loket,” kata Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana di Renon, Rabu (14/6) kemarin.

Menurutnya, layanan penukaran uang oleh BI dan perbankan umum diperbanyak jumlahnya agar masyarakat makin mudah melakukan penukaran uang dan bisa menekan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tumbuh subur. Karena itu, bila mau menukarkan uang kecil sebaiknya di bank.

“Mau menukar uang yang gratis sebaiknya di bank. Penukaran uang pecahan besar ke pecahan kecil juga bagian dari tugas dan layanan BI,” paparnya.

Terkait pemenuhan uang pecahan kecil akan dilayani melalui kegiatan layanan kas luar kantor antara lain melalui layanan kas keliling.

“Kegiatan kas keliling luar kota dilakukan pada 8-9 Juni 2017 di Kabupaten Karangasem, 12-14 Juni 2017 ke Kabupaten Buleleng, dan 15-16 Juni 2017 ke Kabupaten Jembrana,” sebutnya. Selain itu, akan dilaksanakan layanan kas keliling bersama perbankan yang memiliki kendaraan layanan, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, Permata, Maybank, CIMB Niaga, BJB, BPD Bali dan Bank Muamalat mulai 14 sampai 16 luni 2017 di Central Parkir Kuta, serta 19 sampai 23 Juni 2017 di lapangan Puputan Badung (depan Museum Bali).

Selain BI, perbankan juga menyiapkan uang dalam pecahan kecil jelang Lebaran nanti. Salah satunya BRI Kantor Wilayah Denpasar. Wapinwil Bidang Operasional BRI Kanwil Denpasar, Arif Wicaksono mengatakan BRI juga melayani penukaran pecahan uang kecil di Lapangan Puputan Badung, pada 19, 20 dan 22 Juni 2017. Ia memprediksikan kebutuhan uang kecil Rp 281,2 miliar, dari kebutuhan pada 12-16 Juni mencapai Rp 74,760 miliar dan kebutuhan pada 19-23 Juni mencapai Rp 206,420 miliar. Sesuai ketentuan BI penukaran dibatasi hanya Rp 4,4 juta per nasabah. (dik)

 

BAGIKAN