Nelayan Apresiasi Respons Cepat Pemkab Tabanan Salurkan CBP

29
  Selain Penyerahan Cadangan Beras Pemerintah(CBP), ada juga penyerahan Santunan Klaim Asuransi Nelayan oleh Bupati Eka Wiryastuti kepada Ahli Waris. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan, I Ketut Arsana Yasa, mengucapkan terima kasih atas respon cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, sehingga Cadangan Beras Pemerintah (CBP) segera bisa disalurkan kepada nelayan saat ini.

Sebelumnya, adanya cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi  dari Januari hingga Februari, tengah membuat para nelayan tidak bisa melaut. “Adanya penyaluran CBP ini dapat meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kami atas nama nelayan mengucapkan terima kasih atas perjuangannya, sehingga CBP bisa dengan cepat disalurkan. Terima kasih juga karena telah adanya Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudi Daya Ikan di Tabanan,” tutur Arsana Yasa, di sela-sela penyerahan CBP secara simbolis oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, kepada perwakilan nelayan Tabanan di Pantai Yeh Gangga Sudimara, Tabanan, Selasa (13/6).

Hadir di acara tersebut Sekda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Asisten II Setda Kabupaten Tabanan, I Wayan Miarsana, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, Perwakilan Bulog, Pewakilan PT  Jasindo, Para Kepala OPD  dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Arsana memaparkan, total CBP yang disalurkan 19.46 ton beras, nelayan yang menerima CBP mencapai 63 kelompok dengan jumlah anggota sekitar 3.476 jiwa atau 931 KK. Harapannya, dengan penyaluran CBP ini bisa meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengungkapkan, dengan mengetahui permasalahan yang tengah dihadapi nelayan, Pemkab Tabanan  segera menyikapi dengan merujuk pada aturan yang telah ada, yaitu membantu nelayan  dengan mengambil langkah cepat mengusulkan kepada Perum Bulog divisi regional agar jatah CBP untuk Kabupaten Tabanan dapat disalurkan dengan harapan dapat mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan hidup nelayan.

“Ini adalah penyaluran CBP  yang kelima kalinya. Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap nelayan, kaum marhen. Mudah–mudahan bantuan ini bisa membantu melanjutkan kehidupan nelayan kami,” harap Bupati Eka. (man)

BAGIKAN