Tabanan (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk nelayan. Bantuan tersebut untuk meringankan beban nelayan yang tidak bisa melaut akibat cuaca ekstrem yang terjadi pada Januari hingga Februari 2017 lalu.

“Penyerahan CBP ini kami akan dilakukan pada Selasa (13/6) ini, di Pantai Yeh Gangga. CBP menyasar pada 63 kelompok nelayan atau sebanyak 931 KK dengan total sebanyak 19.46 ton,” tutur Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan, I Made Subagia,  Senin (12/6).

Ia menerangkan, CBP yang disalurkan ke nelayan ini sesuai dengan peraturan pemerintah, yakni ketika ada bencana alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor, maka CBP bisa dimanfaatkan untuk meringakan beban korban yang merasakan dampak bencana tersebut.

 Imbuhnya, terkait CBP yang disalurkan ke nelayan karena mereka menjadi korban akibat cuaca ekstrem dan masuk kedalam kategori bencana alam.

“Nelayan ini memang pantas mendapat bantuan dari CBP. Mudahan-mudahan dengan mendapatkan bantuan CPB bisa meringankan beban nelayan yang selama dua bulan tidak mampu mendapatkan penghasilan dari melaut, dampak cuaca ekstrem,” ujarnya. (man)

BAGIKAN