Resmikan Br. Angas Sari dan Serahkan Hibah di Ungasan Bupati Giri Prasta Komit Wujudkan Pembangunan Menyeluruh dan Terpola

21
ist HIBAH - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, dan anggota Komisi X DPR RI Dr. Ir. Wayan Koster, MM, Jumat (9/6) lalu saat menyerahkan dana hibah di Desa Ungasan. Br. Angas Sari, Desa Ungasan.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, dan anggota Komisi X DPR RI Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., Jumat (9/6) lalu menghadiri karya Melaspas, Ngenteg linggih sekaligus meresmikan balai Br. Angas Sari, Desa Ungasan yang ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Bupati juga menyerahkan dana hibah dengan total nilai Rp9 M lebih untuk kelompok masyarakat di Desa Ungasan. Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Badung diwakili Gst. Anom Gumanti, Kabag Humas Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Camat Kuta Selatan beserta Tripika Kecamatan, serta tokoh masyarakat setempat.
Pada kesempatan tersebut, Bupati menekankan, dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), Pemkab Badung komit melaksanakan program pembangunan secara menyeluruh dan terpola di wilayah Kabupaten Badung. Penyerahan dana hibah ini sebagai salah satu bukti komitmen Pemkab Badung dalam percepatan pembangunan di desa. “Kami akui kebanyakan waktu krama desa habis di adat. Untuk itu kami hadir di tengah-tengah masyarakat, apa pun kebutuhan dari krama Badung kami akan penuhi. Kami sudah berkomitmen segala pembangunan di desa menjadi tanggung jawab pemerintah,” tegasnya. Untuk itu, Bupati mengharapkan masyarakat Ungasan agar tetap bersatu dan dapat mendukung program pembangunan di Badung.

Sementara itu, Wayan Koster yang hadir memenuhi undangan masyarakat ini mengapresiasi kebijakan Bupati Badung yang memberikan perhatian serius pada sektor adat, seni dan budaya melalui pemberian bantuan dana hibah kepada masyarakat. Seperti dana hibah yang diberikan kepada masyarakat Ungasan yang diarahkan untuk pembangunan pura, balai banjar dan untuk sanggar-sanggar seni. Di sisi lain, ia mengharapkan masyarakat penerima hibah agar memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketua Panitia I Made Duama yang juga sebagai anggota DPRD Badung melaporkan, Pemkab Badung bersama DPRD Badung telah mencairkan dana hibah tahun 2017 untuk Desa Adat Ungasan dan beberapa kelompok masyarakat Ungasan. Penerima hibah di antaranya untuk pembangunan Pura Dalem Desa Adat Ungasan Rp 7 M, pembuatan fondasi dan pengurukan Pura Br. Angas Sari Ungasan 306.637.285, pemugaran parahyangan Br. Adat Bakung Sari Rp833.700.000, melanjutkan pembangunan fisik balai pertemuan banjar suka duka Eka Wirasa, Br. Bakung Sari Ungasan sebesar Rp 100 juta dan membantu kelengkapan properti dari Sanggar Werdhi Asri Lestari (Waras) Desa Ungasan Rp 1 miliar.  Total hibah yang dicairkan di Desa Ungasan mencapai Rp 9  miliar lebih.

Duama juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah mendukung pengembangan destinasi wisata baru di Ungasan yaitu Pantai Melasti. “Pemkab Badung telah membantu perencanaan pembuatan infrastruktur yang dibangun di pantai melasti Rp 20 M,” tambahnya. (ad1.117)

BAGIKAN