Per Orang Rp 4,4 Juta BI Layani Penukaran Uang di Sentral Parkir Kuta

43
Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana

Denpasar (Bisnis Bali) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali pada momen Ramadhan tahun ini menambahkan area lokasi layanan penukaran uang pecahan kecil yaitu di Area Sentral Parkir Kuta. Ini dalam upaya peningkatan sebaran layanan kas keliling kepada masyarakat dengan menyasar kawasan pariwisata.

“BI akan menggelar layanan kas luar kantor di Sentral Parkir Kuta mulai 14-16 Juni 2017. Selain itu juga digelar di Denpasar tepatnya di depan Museum Bali di Lapangan Puputan Badung pada 19-23 Juni 2017,” kata Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana di Renon, Minggu (11/6) kemarin.

Menurutnya, penukaran uang kecil menyasar kawasan pariwisata pada prinsipnya untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil, termasuk bagi wisatawan mancanegara yang memerlukan uang rupiah pecahan kecil. Itu sesuai UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yaitu terkait dengan kewajiban penggunaan uang rupiah dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainnya yang harus dipenuhi dengan uang dan atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di wilayah NKRI.

“BI akan membatasi jumlah penukaran uang pecahan kecil maksimal Rp 4,4 juta per orang,” ujarnya.

Untuk memberikan pemerataan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan uang menjelang Lebaran 2017, kata Pak Cik biasa ia disapa, di beberapa daerah juga sudah dilayani melalui kegiatan layanan kas luar kantor antara lain melalui layanan kas keliling luar kantor pada 8-9 Juni 2017 di Kabupaten Karangasem, 12 -11 Juni 2017 ke Kabupaten Buleleng dan 15-16 Juni 2017 ke Kabupaten Jembrana. (dik)

BAGIKAN