Buleleng Kenalkan Seni Pantomim

14
PANTOMIN – Seni pantomin yang dilombakan di ajang Buleleng Education Expo (BEE) 2017 (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) –  Seni, budaya, adat dan tradisi di Buleleng mendapatkan perhatian berbagai kalangan hingga wisatawan. Jika umumnya kesenian daerah berupa tarian, kali ini Buleleng memperkenalkan seni pantomin yang diperankan anak-anak melalui lomba.

Koordinator Juri Lomba Pantomim, I Gusti Bagus Hadi Supadman mengatakan, perkembangan pantomim yang berawal dari situs romawi kuno terus berkembang hingga menjadi pertunjukan yang bersifat komedi. Tak jarang pantomim kini sudah mulai dipentaskan dalam lakon-lakon parodi. Selain itu juga seni pantomim juga sering digunakan dalam situs keagamaan dengan cerita umumnya seputar mitologi Yunani.

Ia menambahkan, pantomim kini terus berkembang sehingga menjadi seni pertunjukan yang dapat dinikmati segala kalangan. Seperti di Buleleng, olah rasa tentang seni dapat dimulai sejak dini bahkan seni pantomim mulai masuk dalam ajang perlombaan seperti dalam pagelaran BEE 2017 di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja yang mampu memukau penonton hingga wisatawan mancanegara. (ira)

BAGIKAN