Nyoman Arnaya Pentingnya LPD bagi Masyarakat  

63

Denpasar (Bisnis Bali) – Peran Lembaga Perkreditan Desa (LPD), selama ini memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa pakraman dalam meningkatkan perekonomian. Bagaimana tidak,  sejumlah desa pakraman di Bali yang memiliki LPD dengan perkembangan laba yang terus meningkat setiap tahunnya,  tidak terbebani lagi oleh dana pembangunan Pura, pelaksanaan piodalan hingga kegiatan adat lainnya.  Hal ini yang membuat berbagai pihak terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan LPD di Bali, seperti halnya Lembaga Pemberdayaan- Lembaga Perkreditan Desa (LP-LPD).

Ketua LP-LPD Provinsi Bali,  I Nyoman Arnaya, saat ditemui di Denpasar,  Minggu (4/6) kemarin mengatakan, keberadaan LPD mampu meringankan beban krama untuk menjaga adat budaya dan agama Hindu kedepannya. “Hal ini dikarenakan  20 persen laba diserahkan untuk pembangunan desa pakraman yang diperuntukkan sebagai penunjang kegiatan adat, budaya dan agama masyarakat,” katanya.

Dengan demikian,  makin tinggi laba yang didapatkan oleh LPD, maka kian besar pula jumlah dana yang didapatkan desa pakraman setiap tahunnya guna mendukung aktivitas adat dan budaya di desa pakraman masing-masing. Oleh sebab itu, sangat penting bagi masyarakat untuk memahami fungsi dan manfaat lembaga agar memiliki kepercayaan kepada LPD. Selain itu,  dia juga menjelaskan,  keberadaan LPD  mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat. “Desa pakraman akan semakin kuat karena punya pendapatan dari LPD,” imbuhnya.

Untuk mendukung hal tersebut,  berbagai upaya dilakukan oleh LP-LPD,  yaitu,  meningkatkan kualitas SDM LP-LPD dan LPD melalui pelatihan standarisasi profesi, melakukan pembinaan teknis, hingga menghidupkan kembali LPD yang tidak operasi. Adapun beberapa cara yang dilakukan untuk menghidupkan lagi LPD yaitu,  dengan merapatkan krama dan membantu modal melalui dana perlindungan.  (wid)

BAGIKAN