Wisman Tertarik Belajar Menganyam  

19

Singaraja (Bisnis Bali) – Desa Tigawasa yang merupakan salah satu dari Desa Bali Aga yang ada di Buleleng tentu tidak asing lagi dengan beberapa kerajinan khasnya yakni kerajinan dari anyaman bambu.

Menurut Gede Widarma, owner Kejapa Bamboo Craft di kawasan Dusun Wanasari, Desa Tigawasa, Kamis (8/6), hampir sebagian masyarakat yang ada di Desa Tigawasa yang berada di wilayah Kecamatan Banjar ini berprofesi sebagai perajin anyaman bambu baik itu sokasi, gedek, dan masih banyak lagi suvenir atau aksesori. Oleh karena itu, tidak heran desa ini juga kini makin dikembangkan menjadi desa wisata oleh Pemkab Buleleng, karena selain tradisi adat yang masih sangat kental juga sebagai sentra perajin anyaman bambu yang sudah terkenal hingga di mata wisatawan mancanegara.

Ia menambahkan, menganyam bambu kinu sudah mulai dirilik wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sentra perajin anyaman di desanya turut mempelajari teknik menganyam hingga menghasilan produk kerajinan yang unik. (ira)

BAGIKAN