MERAWAT wajah sangat penting dilakukan. Jika tidak terawat, mengakibatkan wajah akan kusam, berjerawat dan masih banyak lagi masalah lainnya. Salah satu caranya, perawatan yang mudah dan wajib dilakukan adalah pemijatan wajah secara alami dan penggunaan masker wajah secara teratur.

‪Salah seorang pemilik tradisional Balinese Spa,  Suci Setiawati, mengatakan, pemijatan pada wajah sangat bermanfaat untuk relaksasi dan memperbaiki sirkulasi darah pada wajah.  “Pijat wajah sangat baik untuk memperbaiki sirkulasi darah, sehingga akan berdampak pada mencerahkan wajah sekaligus untuk mengencangkan kulit wajah,” tandasnya.

‪Pemijatan pada wajah ini biasanya dibarengi dengan scrubbing, karena treatmen ini sangat berhubungan. Scrubing perlu dilakukan pada wajah yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah.

‪Setelah dilakukan scrubing, Suci Setiawati mengatakan, wajah harus diberikan masker. “Masker ini berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit sekaligus mengencangkan kulit wajah. Untuk masker wajah, yang sedang tren saat ini adalah yang berbahan alami,” tuturnya. Karena masker berbahan alami atau masker tradisional ini, tidak memberikan efek samping pada kulit dan jauh lebih aman.

‪Karenanya di spa juga banyak yang menawarkan masker tradisional. Selain itu, seseorang dapat menggunakan masker tradisional dan alami di rumah. Misalkan dengan bahan bengkuang, telur atau bahan alami lainnya. selain menyehatkan, penggunaan bahan tradisional atau bahan alami akan menghindarkan wajah dari kerusakan. Meski demikian, diakui, dengan masker tradisional ini hasilnya tidak instan dan membutuhkan ketelatenan dan beberapa kali perawatan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. (pur)

BAGIKAN