Dinilai Provinsi, Pokdarwis Pelaga Wakili Badung

17
ist DUTA - Kelompok Desa Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pelaga terpilih menjadi Duta Kabupaten Badung dalam penilaian tingkat Provinsi Bali. kegiatan lomba Pokdarwis dilakukan di Balai Serbaguna Desa Pelage, Kecamatan Petang, Kamis (8/6)

Mangupura (Bisnis Bali) – Kelompok Desa Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pelaga terpilih menjadi Duta Kabupaten Badung dalam penilaian tingkat Provinsi Bali. Kegiatan lomba Pokdarwis dilakukan di Balai Serbaguna Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (8/6) dan dibuka oleh Kabid Pariwisata Bali Ayu Andriani mewakili Kepala Dinas Pariwisata Bali.

Dalam Kadis Pariwisata (Dispar) Bali yang dibacakan Ayu Andriani, mengatakan, sektor pariwisata telah memberikan banyak kontribusi bagi kehidupan masyarakat Bali serta menjadi sector andalan. Untuk itu, perlu kerja keras dan peran semua pihak untuk terus mengembangkan segala potensi yang dimiliki.

Hal tersebut juga sejalan dengan tujuan digelarnya lomba Pokdarwis. Di antaranya, menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap menjadi tuan rumah. “Juga memahami serta mewujudkan sapta pesona, dan menumbuhkan keinginan serta kepedulian masyarakat untuk menggali dan mencintai tanah airnya,” katanya. Untuk menjadi pemedang, kata dia, terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi. Di antarannya, aspek administrasi, aspek fisik, aspek sumber daya manusia dan aspek kegiatan.

Sementara itu, Sekretaris Dispar Badung AA Putu Yuyun Hanura Eni mengatakan, Pemkab Badung akan lebih berkonsentrasi sebagai fasilitator dan regulator. Sementara pihak swasta sebagai pelaku dan ujung tombak produk serta pasar. “Jadi masyarakat tidak hanya sebagai penerima manfaat, tetapi juga sebagai pelaku aktif,” kata Yuyun saat membacakan sambutan Kadispar Badung I Made Badra. (sar)

BAGIKAN