Di Badung, Ratusan Lansia Hadiri Peringatan HLUN 2017  

18
ist BINGKISAN - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Seniasih Giri Prasta menyerahkan bingkisan disaat menghadiri HLUN, Kamis (8/6) di ruang Kerta Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung.

Mangupura (Bisnis Bali) – Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Kamis (8/6) kemarin, kembali diperingati Pemerintah Kabupaten Badung di ruang Kerta Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Kegiatan yang bertemakan “Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera” tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, Kadis Sosial, I Ketut  Sudarsana, Ketua Tim Penggerak PKK  Badung, Ny.  Seni Asih Giri, Ketua Gatriwara Ayu Parwata, Ketua DWP Kabupten Badung Ny. Niesya Yoga Segara, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta serta ratusan lansia di Badung.

Ketua Panitia Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kabuapten Badung yang juga Kadis Sosial Kabupaten Badung, I Ketut Sudarsana melaporkan, Pemerintah Kabupaten Badung terus mewujudkan komitmen terhadap kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan, salah satunya kesehatan para  lansia. “Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional XXI  tahun 2017 dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, Keputusan Menteri Koordinator Bidang kesejahteraan Rakyat Nomor 15/KEP/Menko/1974 tentang pembentukan panitia nasional dan kelembagaan lanjut usia dalam kehidupan bangsa dan Keputusan Bupati Badung nomor 1104/02/HK/2017 tanggal 20 Pebruari 2017 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan dan peserta peringatan HLUN tahun 2017 di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tujuan peringatan ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kesadaran para lansia, keluarga dan masyarakat akan pentingnya peringatan hari lanjut usia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, kegiatan seperti ini juga memotivasi dan menggerakan kaum lansia keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta mengembangkan jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial. “Tema ini dipilih untuk mendorong para lansia untuk tetap sehat, aktif dan produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari serta agar tetap bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya. Dalam memperingati HLUN ini kita juga menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan di antaranya cek tensi, gula darah dan status gizi, konsultasi dokter dan ahli gizi, senam lansia bugar di area acara, senam lansia sehat dan mawirama,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa dalam sambutannya mengatakan, peringatan HLUN 2017 ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perhatian dan ruang kepada para lanjut usia untuk dapat menjalani hari tua penuh dengan kebahagiaan. “Hal ini penting kita sadari karena jumlah lansia makin banyak dari tahun ke tahun seiring dengan keberhasilan Pemkab Badung terhadap kesejahteraan usia harapan hidup yang  meningkat menjadi 73 tahun. Kita juga  harus peka dan peduli terhadap keberadaan masyarakat lanjut usia.  Melalui kegiatan edukasi lansia ini  pemerintah Badung terus memberi semangat kepada mereka agar tetap aktif dan produktif di usia senja sehingga tetap bisa berkarya,” ucapnya.

Untuk mewujudkan Badung sehat dan kuat, dalam kesempatan tersebut Wabup Ketut Suiasa memberikan makanan sehat tambahan kepada para lansia se-Badung. Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ayu Parwata, Kadis Sosial I Ketut Sudarsana. (ad 1.105)

BAGIKAN