2017, Tabanan Targetkan Tingkat Konsumsi Ikan 30,2 kg per Kapita

16

Tabanan (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Tabanan menargetkan tingkat konsumsi ikan di daerah lumbung pangan ini mencapai 30,2 kg per kapita per tahun. Posisi tersebut meningkat dari target tahun sebelumnya yang hanya dipatok 29,7 kg per kapita per tahun.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan, I Made Subagia, Kamis (8/6) mengungkapkan, 2016 lalu capaian target konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan mencapai 98 persen atau terealasi sekitar 29.6 kg per kapita per tahun. Imbuhnya, tahun ini target tersebut ditingkatkan salah satunya dilakukan melalui melakukan sosialisasi edukatif ke kalangan sekolah dengan gerak dan lagu “Ayo Makan Ikan”.

Selain itu, upaya pencapaian target juga dilakukan bekerjasama dengan OPD terkait salah satunya Dinas Kesehatan untuk menerapkan menu seimbang dalam program gerakan masyarakat sehat (Germas), dan upaya lainnya melalui pembinaan PKK di tiap desa mengenalkan serta melatih membuat menu makan seimbang.

“Bahkan, program ke PKK setiap desa ini sudah dimulai sejak 2013 lalu. Kami menyasar satu kecamatan disasar satu desa, tiap tahun, sehingga total desa yang disasar adalah 10 desa per tahun,” tuturnya.

Subagia menjelaskan, potensi Kabupaten Tabanan untuk perikanan cukup besar, sehingga pemerintah terus mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan. Di sisi lain katanya, meski memiliki potensi perikanan, Kabupaten Tabanan tetap melakukan kesiapan terutama  dalam memenuhi kebutuhan ikan saat  situasi paceklik. Kesiapan yang dimaksud berupa adanya tempat penampungan ikan yang diadakan secara swadaya oleh masyarakat.

“Terkait kesiapan, sejak 2016 lalu Tabanan telah memiliki tempat penampungan atau penyimpanan ikan. Yakni, di daerah Desa Sudimara dan rencananya akan bertambah di daerah Yeh Gangga,” ujarnya. (man)

BAGIKAN