Denpasar (Bisnis Bali) – Bercermin dari penjualan sebelumnya, menjelang hari raya, tidak hanya produk fashion saja yang diburu konsumen. Melainkan produk kosmetik juga, sehingga sebagian besar pebisnis kosmetik di daerah ini mulai menambah stok untuk momen Lebaran mendatang.

Menurut Ratna Ariani, salah seorang manajer marketing produk kosmetik ternama, dikawasan Denpasar, Selasa (6/6), pihaknya sengaja menambah stok produk kosmetiknya sebesar 50 persen dari hari biasanya, agar tidak kelimpungan sewaktu permintaan tinggi.

‘’Sebagian besar konsumen, terutama kaum wanita kami pastikan sudah cukup banyak  mencoba berbagai macam merek kosmetik, baik lokal maupun impor. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mendapatkan kecantikan menjelang hari raya ini,’’ ujarnya.

Lanjutnya, berbagai produk keluaran terbaru pasti tidak pernah luput dari sasaran pembelian konsumen, yakni konsumen sekadar mencoba, atau hanya sebatas ingin menguji kualitasnya. Kata Ratna, mendapatkan produk yang sesuai dengan kondisi kulit memang tidak cukup hanya dengan membaca label kemasan saja. ‘’Konsumen harus mencobanya hingga mendapatkan produk terbaik, yang mungkin tidak harus mahal,’’ ungkapnya.

Ketika memilih produk kecantikan, seringkali konsumennya tak selalu langsung menemukan produk yang cocok. Setelah melakukan uji coba beberapa kali, konsumen baru akan menemukan produk perawatan yang sesuai dengan kulitnya. ‘’Terkadang proses uji coba ini membuat kulit wajah konsumen bermasalah, seperti alergi, jerawat, sampai kulit kemerahan,’’ jelasnya.

Ratna menambahkan, dalam meningkatkan penjualannya, mesti ada bukti nyata atas khasiat kosmetik yang pihaknya jual. Pasalnya, tanpa kualitas dan bukti nyata atas manfaatnya akan sulit bersaing di tengah menjamurnya bisnis kosmetik.

‘’Kini ada kecenderungan konsumen lari ke kosmetik dengan material alami. Ini juga menjadi bahan pertimbangan kami untuk lebih peka terhadap kebutuhan pasar,’’ tandasnya.

Hal senada diungkapkan Novi, salah seorang penjaga konter kosmetik. ‘’Adakalanya konsumen kami ragu mencoba produk kosmetik baru yang kami tawarkan,’’ ujarnya. (aya)

BAGIKAN