Memasuki minggu kedua bulan puasa, gejolak harga kebutuhan pokok di pasaran masih terasa. Banyaknya permintaan serta ketersediaan pasokan selalu mempengaruhi naik turunnya harga, yang pada saat ini beberapa jenis kebutuhan pokok telah mengalami penurunan, namun tidak sedikit pula harga barang yang mengalami kenaikan. Seperti apa?

HARGA beberapa kebutuhan pokok seperti bumbu dapur masih tetap naik, namun beberapa bahan pangan lainnya juga mengalami turun harga, terutama daging ayam. Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Badung Cokroaminoto, Gusti Ayu, saat ditemui, Selasa (6/6) kemarin mengatakan, saat ini harga daging ayam potong mencapai Rp 33.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 35.000 per kilogram. “Sekitar 2 minggu harga daging ayam Rp 35.000 per kilogram dan sejak 3 hari lalu

harga daging ayam mulai turun. Hal ini dikarenakan pasokan yang telah mencukupi saat ini,” katanya. Ditanya soal harga daging ayam potong ke depannya, dia mengatakan, belum berani memastikan tergantung dari ketersediaan barang. Kemungkinan kenaikan akan terjadi hingga Rp 35.000 per kilogram jika pasokan sedikit dibandingkan permintaan.

Senada dengan itu, pedagang bumbu dapur di Pasar Badung Cokroaminoto, Ni Ketut Murci juga mengatakan, beberapa harga barang turun, seperti bawang putih yang saat ini Rp 40.000 per kilogram dari sebelumnya mencapai Rp 44.000 per kilogram. Sementara itu harga tomat

dikatakannya naik dari Rp 6.000 per kilogram menjadi Rp 10.000 per kilogram. Demikian juga bawang merah yang sebelumnya sempat turun hingga Rp 28.000 per kilogram, naik kembali menjadi Rp 35.000 per kilogram. Untuk harga cabai rawit harga masih stagnan yaitu Rp 30.000 per kilogram.

Untuk daging sapi yang menjadi kebutuhan masyarakat pada bulan puasa, masih menunjukkan harga normal hingga Selasa (6/6) kemarin. (wid)

BAGIKAN