Evaluasi dan ’’Monitoring’’, Beri Motivasi Pembinaan ke LPD di Buleleng

10
Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Buleleng, Made Nyiri Yasa,S.Sos., MMA

Singaraja (Bisnis Bali ) –  Perkembangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Provinsi Bali, sampai saat ini cukup pesat. Jika dicermati perkembangan LPD di Bali, sangat menggembirakan. Guna mempertahankan serta membuat lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ada di desa itu adalah, manajemen serta pengelolaan yang baik. Tentu  diharapkan LPD dari tahun ke tahunnya ada perkembangan yang baik. Selain pengurus yang ada dalam LPD tersebut, Tim Pembina di masing-masing kabupaten juga turut berperan penting dalam memberikan motivasi, baik berupa pembinaan hingga pelatihan. Sehingga turut menjadi penentu maju mundurnya LPD tersebut. Seperti halnya Kabupaten Buleleng, untuk memantau kinerja atau pengelolaan serta manajemen, Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan Pembinaan, monitoring dan evaluasi kepada sejumlah LPD di Buleleng.

Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Buleleng, Made Nyiri Yasa,S.Sos., MMA ketika diwawancarai Bisnis Bali di kantornya mengungkapkan, terhitung mulai Senin, 5 Juni hingga 22 Juni 2017, Tim Pembina Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan “Monitoring & Pembinaan” kepada sejumlah LPD yang ada di daerah ini. “Monitoring dan Evalusi ini khusus ditujukan kepada LPD, yang sebelumnya pernah bermasalah yang sudah kami bina dan latih, kemudian LPD yang benar – benar ingin bangkit kembali dengan jumlah total 22 LPD di beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng,”jelasnya.

Ditambahkan, tujuan dilakukannya monitoring dan evaluasi ini, selain sebagai bentuk perhatian dan pemberian motivasi pembinaan, juga untuk mengetahui apa saja yang terjadi di LPD bersangkutan. Masalah yang ditemukan  serta sejauh mana penanganan masalah yang pernah ditemukan. “Kami itu monitoringnya apakah ada perkembangan atau tidak, sejauh mana perkembangan tersebut atau masalah yang dihadapi, itu kami evaluasi,”tegasnya. (ira)

BAGIKAN