Besar, Peluang Bali Jadi Tujuan ’’Medical Tourism”  

27

Denpasar (Bisnis Bali) – Bali berpotensi menjadi tempat favorit untuk medical tourisme seperti, di Singapura maupun Malaysia. Bila itu terwujud, maka wisatawan mancanegara maupun masyarakat yang biasa memilih perawatan medis ke luar negeri akan lebih memilih Bali.

“Peluang itu sangat besar di daerah ini, apalagi Bali sebagai tujuan wisatawan dari berbagai negara. Siapa yang tidak kenal Bali, mereka akan mencari perawatan medis dengan datang berobat ke sini dan setelah itu bisa jalan-jalan,” kata pengusaha di bidang alat kesehatan (alkes), Vincentius Lianto di Renon, baru-baru ini.

Ia mengatakan, potensi Bali sebagai medical tourism, selain karena destinasi pariwisata, juga terdapat sejumlah rumah sakit yang berkualitas, bahkan dilengkapi dengan alkes yang memiliki standar luar negeri.

Itu terlihat dari penjualan alkes selama 5 tahun terakhir ini yang tetap tumbuh, kendati kondisi ekonomi secara global tergolong lesu. Di tengah lesunya kondisi ekonomi, penjualan alkes menunjukkan pertumbuhan yang baik.

“Ada pengaruh terhadap kondisi ekonomi, namun terbantukan oleh program pemerintah yang mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia  menjadi kepesertaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan,” terangnya.

Implikasi dari BPJS Kesehatan yaitu, rumah sakit membutuhkan tambahan alkes untuk menunjang pelayanan. Secara tidak langsung dengan program tesebut, permintaan alkes tetap tumbuh sebagai penunjang kebutuhan masyarakat baik yang kurang mampu maupun yang mampu untuk mendapatkan pelayanan yang baik di rumah sakit.

Menurutnya, potensi itu terlihat dari permintaan alkes di Bali cukup baik dari rumah sakit swasta maupun pemerintah. DV Medika dewasa ini sebagai pemain yang diperhitungkan di bisnis ini, terutama untuk peralatan-peralatan seperti hospital bed, alat radiologi sepertiCT Scan, MRI, Xray Digital, Ultrasonogrpahy dan peralatan-peralatan ICU-ICCU yang lengkap dan terbukti mampu menjadi pemain utama khususnya di daerah Bali, NTB dan NTT.

Dengan kualitas produk yang dijaga ketat, pelayanan after sales service yang terjamin dan terbukti baik  dan jaringan pemasaran yang luas tidaklah mengherankan apabila DV Medika menjadi pemain utama yang diperhitungkan. (dik)

BAGIKAN