44 Bidan PTT Terima Surat Keputusan CPNS Bupati PAS Harapkan Pertahankan dan Tingkatkan Kinerja  

14
Penyerahan SK oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali ) – Sebanyak 44 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan yang bertugas di Buleleng menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah tersebut lulus menjadi CPNS dari 58 orang bidan PTT yang bertugas di Buleleng. Penyerahan SK ini dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST., di Wantilan Praja Winangun, Kantor Bupati Buleleng, Selasa (6/6).

Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar ini mengajak seluruh Bidan PTT yang menerima SK kali ini agar tetap mempertahankan kinerja yang selama ini ditunjukkan. Bahkan harus lebih meningkatkan lagi karena sekarang sudah diangkat menjadi CPNS. Tanggung jawab pelayanan dan tanggung jawab disiplin menjadi hal yang penting karena sudah diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Semua harus membaca aturan yang ada. Jika kalian tidak disiplin, diaturan ada pemberhentian secara tidak hormat. Jadi, semua harus disiplin,” ujar Agus Suradnyana.

Selain itu, diungkapkan Bupati Putu Suradnyana, pengembangan sumber daya manusia juga menjadi hal yang penting. Dirinya berharap seluruh bidan PTT yang menerima SK ini terus mengisi diri dengan membaca tugas pokok dan fungsi seorang bidan. Bukan hanya menolong orang bersalin, tapi bidan juga harus mengupayakan asupan gizi yang cukup kepada anak-anak di desa, sehingga lahir generasi yang cerdas. “Jangan hanya bicara membantu persalinan, namun juga upaya untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, diangkatnya Bidan PTT ini merupakan hasil perjuangan yang panjang. Dengan perjuangan ini, mereka harus meningkatkan kecakapan dan kapabilitas sebagai seorang ASN. Pemikiran dan kemampuan harus diberikan secara maksimal di masing-masing Puskesmas. “Mudah-mudahan dengan diangkatnya sebagai CPNS, pelayanan di Puskesmas bisa ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos., menjelaskan Buleleng mempunyai Bidan PTT sebanyak 58 orang. Melalui seleksi yang dilakukan Kementerian Kesehatan, sebanyak 44 orang lulus menjadi CPNS dan sebanyak 13 orang tidak lulus karena sudah melebihi batas usia. “Hanya 13 orang yang tidak lulus karena syarat administratif yaitu usia, sedangkan satu orang mengundurkan diri,” jelasnya. (ira)

BAGIKAN