Prospektif, Tanam Tomat Organik di Pekarangan

25

TOMAT merupakan salah satu jenis buah yang kaya nutrisi. Buah yang satu ini agak berbeda dari buah pada umumnya karena kerap dimanfaatkan sebagai sambal dan juga jus. Untuk memperoleh nutrisi dari tomat, lebih sehat bila mengkonsumsi tomat organik.

“Untuk memperoleh tomat organik sebenarnya ibu-ibu bisa menanam tomat di pekarangan rumah. Kalau tidak ada lahan bisa menggunakan polybag,” papar dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Ni Wayan Sri Sutari, S.P., M.P. Kandungan vitamin C dalam tomat jauh lebih banyak dibandingkan dengan apel atau jeruk. Kalau ingin mengkonsumsi tomat organik, tidak perlu membelinya, karena membudidayakan tomat organik dikebun kita sendiri jauh lebih terjamin kesehatannya.

Cara menanam tomat juga sangat mudah sehingga ibu-ibu pun dapat menanamnya. “Bibit tomat dapat kita beli di toko-toko pertanian. Biasanya, mereka menyediakan bibit tomat dalam satu kantong atau ada juga bibit yang sudah tinggal ditanam tidak perlu disemaikan lagi. Tetapi untuk petani yang akan membudidayakan tomat untuk 100 sampai 150 gram bibit,  bisa digunakannya untuk lahan seluas 1 hektar.

Untuk menghasilkan tomat yang bagus,
tempat untuk menanam tomat organik juga sangat penting. Tanah yang paling baik dalam bercocok tanam tomat organik adalah tanah yang tidak berair. “Tanah becek dan mengandung banyak air bisa membuat tomat busuk dan gagal tumbuh sempurna. Selain itu, tanah juga harus mempunyai kadar pH 5,5 sampai 6,5,” ucap ketua HKTI Kota Denpasar ini. Sebelum menanam lebih baik, bila lahan yang akan gunakan sudah diberi pupuk kandang atau kompos yang akan mempermudah cara tanam tomat organik anda. Untuk penanaman di polybag campur tanah dan pupuk 50 : 50.

Proses pembibitan diawali dengan merendam benih tomat organik dalam 1 liter air yang sudah dicampur dengan 1-10 ml mikroba dan molase untuk bibit yang berupa biji. Setelah itu, masukkan satu biji benih ke tiap polybag. Pakaikan karung untuk menutupi polybag yang telah ditanami oleh benih tomat dan taruh ditempat yang teduh. Setelah 7-10 hari bibit mulai tumbuh, penutup karung dapat dibuka. Biarkan benih tomat tumbuh sampai setinggi sekitar 10 cm. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk ini sekitar 3 minggu. Setelah itu, tomat siap untuk dipindahkan dan ditanam di lahan bila memang ingin ditanam di lahan.(pur)

BAGIKAN