Penerbangan Emirat dan Qatar Bantu Bali Gaet Wisatawan Eropa Barat (HL)  

20

Denpasar (Bisnis Bali) – Adanya kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang tidak terlalu terbuka dengan negara-negara di Eropa, memberikan peluang pelaku pariwisata di Indonesia menggaet wisatawan khususnya dari Eropa Barat. Dewan Pembina Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Bagus Sudibya, Minggu (4/6) mengatakan, penerbangan dari Emirat Arab dan Qatar membantu Bali menggaet wisatawan dari Eropa Barat untuk berlibur ke Bali.

Ia mengungkapkan, peta politik dunia menunjukan kebijakan pemerintah AS terhadap Eropa yang mungkin tidak terlalu terbuka dan kurang bersahabat. Ini menyebabkan warga negara di Eropa Barat memilih mengalihkan kunjungan ke Asia.

Ia menjelaskan, warga negara di Eropa Barat menganggap masyarakat Bali orang yang bersahabat. Indonesia dengan Eropa memiliki kebijakan politik yang mirip yaitu politik pintu terbuka.

Dipaparkannya, kalau pemerintah AS dengan kebijakan yang baru lebih mengutamakan kepentingan AS, berbeda kebijakan politik di Indonesia dan negara-negara di Eropa mengedekan kepentingan bersama. Ini memunculkan kebijakan saling menguntungkan (win-win solution).

Konsul kehormatan Afrika Selatan ini memaparkan, untuk menggaet wisatawan Eropa ke Indonesia, Garuda Indonesia akan menambah rute dan jadwal penerbangannya ke Eropa.  Di sisi lain, dalam penggarapan wisatawan Eropa, Indonesia di dukung penerbangan dari Qatar dan Emirat Arab.

Lebih lanjut dikatakannya, seperti saat ini sudah ada 2 kali sehari penerbangan dari Eropa ke Doha Arab yang dilayani penebangan dari Emirat dan Qatar. Ini memunculkan kombinasi paket wisatawan AS dan Eropa terbang ke Asia termasuk Asia melalui Doha Arab. (kup)

BAGIKAN