Ida Ayu Kade Sadnyani Tekankan Asas Kekeluargaan pada LPD

10
Kepala LPD Desa Pakraman Sawan, Singaraja (ira)

Melayani masyarakat dalam jasa keuangan, pada prinsipnya memang harus sesui dengan aturan dan prosedur yang berlaku, agar menejemen bisa lebih baik. Namun demikian, asas kekeluargaan sangat penting dalam hal ini, terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Hal ini yang sangat ditekankan oleh Kepala LPD Desa Pekraman Sawan, Singaraja, Ida Ayu Kade Sadnyani dalam melayani masyarakat.

“Pembukuan memang sangat penting dilakukan guna membuat sistem menjadi lebuh baik, namun yang namanya LPD harus tetap mengayomi krama desa. Misalnya ketika masyarakat memiliki kebutuhan mendadak yang memerlukan dana pada hari libur, kita tentu harus bisa membantu, dan pembukuan bisa dilakukan pada hari-hari efektif berikutnya,” ungkapnya.

Menurutnya keberadaan LPD tentunya harus bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya masyrakat desa pakraman. Sehingga dia mengaku selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran LPD.

“Dari nilai suku bunga, memang LPD memberikan lebih tinggi dari pada perbankan lainnya, namun ada hal lebih yang diberikan masyarakat ketika memanfaatkan LPD sebagai lembaga simpan pinjam. Seperti ada kontribusi yang diberikan kepada desa pakraman baik dalam hal upacara yadnya dan kegiatan kemanusiaan lainnya, sehingga pmahaman kepada krama bahwa sekcil-kecilnya yang disumbangkan itu tentu dinikmati krama itu sendiri,” ungkapnya.

Dengan demikian, dia mengaku jika pertumbuhan LPD Sawan terus siginifikan dari tahun ke tahun yang pada tutup buku tahun 2016 kenaikan aset mencapai Rp.1.8 miliar. (wid)

BAGIKAN