Ciptakan Wirausahawan Muda, DPK Perbarindo Gianyar Gelar Edukasi di SMAN 1 Tampaksiring  

19
Rangkaian kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang diberikan DPK Perbarindo Gianyar kepada Siswa SMAN 1 Tampaksiring Jumat (2/6). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – DPK Perbarindo Gianyar mengadakan kegiatan edukasi dan literasi keuangan melibatkan siswa kelas 10 dan kelas 11 di SMAN 1 Tampaksiring, Jumat (2/6). Ketua DPK Perbarindo Gianyar, Made Suarja didampingi Ketua Panitia Edukasi, Made Sarwa, di sela-sela edukasi mengatakan, melalui edukasi ini diharapkan ke depan tercipta wirausaha muda yang bergelut di dunia perbankan dan sektor usaha lainnya.

Made Suarja mengungkapkan, kegiatan edukasi literasi keuangan melibat 36 anggota Perbarindo Gianyar. Pengelola BPR di Gianyar dalam kegiatan edukasi memberikan pengenalan pemahaman terkait lembaga penyedia jasa keuangan (LPJK) kepada siswa SMAK 1 Tampaksiring sebagai kaum muda penerus bangsa. LPJK tersebut adalah bank perkreditan rakyat (BPR) termasuk bank umum, LPD, koperasi, dan lainnya.

Ia menjelaskan, dalam aktivitasnya BPR sama dengan lembaga penyedia jasa keuangan lainnya. Ini antara lain menerima dana pihak ketiga dari masyarakat selaku nasabah. DPK ini disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit.

Dipaparkannya, pemahaman tersebut yang diberikan pengelola BPR yang tergabung dalam Perbarindo Gianyar kepada para siswa peserta edukasi. Setelah mendapatkan edukasi, para siswa memiliki pemikiran mengoptimalkan dana yang mereka miliki untuk ditabung. Ke depan,  dana tabungan yang terkumpul mereka bisa pakai membuka usaha.

Lebih lanjut Made Suarja mengatakan, jika kekurangan modal para pelajar yang terjun di dunia usaha bisa meminjam modal di BPR. Tidak ada hambatan bagi mereka memiliki jiwa wirausaha untuk  maju. “BPR siap mendukung pendanaan untuk usaha yang mereka cita-citakan,” katanya.

Ia menegaskan, edukasi DPK Perbarindo Gianyar bertujuan mengenalkan kepada para siswa tentang jasa produksi dari perbankan. Untuk lebih jauh, Pengelola BPR akan memberikan kesempatan para siswa ini belajar teknis perbankan di BPR anggota DPK Perbarindo Gianyar.

Made Suarja menegaskan, kesempatan untuk pengenalan pengelolaan kepada para siswa ini diwujudkan dalam program magang. Perbarindo membuka peluang bagi para siswa untuk mengikuti program magang di BPR. Sekolah yang sudah mendapatkan edukasi, selanjutnya bisa menyertakan siswanya dalam program magang di BPR yang ada di Gianyar.

Setelah menggeluti aktivitas operasional,  tidak tertutup kemungkinan peserta magang ini ke depan bisa menjadi karyawan BPR. Yang utama, mereka dididik sejak dini menjadi seorang wirausaha atau pengusaha atau karyawan bank.

Humas/Guru SMAN 1 Tampaksiring, Drs. I Made Arga, MAg., mengatakan, siswa SMAN 1 Tampaksiring diberikan informasi dan pendidikan kewirausahaan dari BPR se-Kabupaten Gianyar. Ini termasuk pendidikan di bidang perbankan. Persaingan sangat erat diperlukan calon-calon pengusaha muda, yang bisa bersaing kompetitif di dunia usaha termasuk di bidang berbankan. Siswa SMAN 1 Tampaksiring yang mau melanjutkan pendidikan bisa terjun di bidang perbankan.

Menurutnya, siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke strata pendidikan yang lebih tinggi diharapkan mereka menekuni bidang kewirausahaan. Tidak hanya di bidang perbankan, para pelajar ini juga bisa mengembangkan usaha di bidang usaha yang lain sesuai kemampuan yang mereka miliki.  Ini di antaranya wirausaha di bidang kerajinan dan handicraft untuk mendukung pariwisata yang tumbuh dan berkembang di Tampaksiring.

Made Arga menambahkan, Perbarindo Gianyar memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada siswa kelas 10 dan kelas 11. Selanjutnya siswa kelas 12 SMAN 1 Tampaksiring diberikan kesempatan magang di BPR yang ada di Kabupaten Gianyar. (ad 1.075)

BAGIKAN