TINGGINYA minat masyarakat terhadap kain endek saat ini, membuat para perajin makin bergairah. Mereka bersemangat untuk menciptakan desain baru yang cantik, unik dan berkualitas.

‪”Desain terbaru endek yang diluncurkan ke pasaran adalah, tenun ikat catri. Desain yang satu ini terlihat sangat mewah dan unik,” papar A.A Sagung Intan Purnamasari, pemilik  “Gyaneshwara” jalan Teuku Umar  Denpasar. Kain tenun ikat catri sebenarnya pertama kali di launching pada Maret 2017, tetapi respons masyarakat atas kain ini hingga saat ini sangatlah luar biasa.

‪”Hal yang menarik dari tenun ikat catri ini, dari segi pewarnaannya dibuat lebih menarik karena menggunakan warna – warna gradasi, sehingga membuat motif dari kain ini lebih nyata,” tuturnya. Motif untuk ikat catri ini pun bisa dikatakan eksklusif.

‪”Eksklusif disini dalam artian sangatlah berbeda dengan motif – motif endek yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, kain ikat catri ini digemari, buktinya masih banyak customer saya yang harus indent dulu untuk memiliki ikat catri ini,” tukasnya. Bahan pembuatannya mirip dengan tenun patra, yaitu kombinasi sutra dengan katun tetapi mayoritas sutranya. Hal tersebut yang membuat tenun ikat catri ini sangat eksklusif dan mewah, sehingga berpengaruh pada harga yang berkisar di atas Rp 2 juta.  (pur)

BAGIKAN