Menjelang Lebaran 2017 ini, para pengusaha angkutan kota antarprovinsi (AKAP) kelas non-ekonomi telah mengambil ancang-ancang untuk menaikkan tarifnya. Berapa persen kenaikannya?

TARIF AKAP kelas non-ekonomi (eksekutif) besarannya atau kenaikannya ditentukan oleh pengusaha sesuai dengan mekanisme pasar. Para pengusaha tersebut telah mengambil ancang-ancang untuk menaikkan tarif mulai 20-30 persen, yang berlaku mulai H-7 Lebaran mendatang.
Sementara untuk kenaikan tarif AKAP kelas ekonomi, pemerintah yang mengaturnya melalui batas atas dan batas bawah tarif. Namun, pemerintah belum menerbitkan peraturan melalui Dirjen Perhubungan Darat hingga kini. “Hingga kini pemerintah melalui Dirjen Perhubungan darat belum menerbitkan peraturan batas atas dan batas bawah menjelang Lebaran tahun ini,’’ ujar Ketua DPD Organda Bali sekaligus owner PO Restu Mulya, I Ketut Eddy Dharmaputra, S.Sos.
Pihaknya memprediksi, penetapan tarif tahun ini tidak berbeda jauh dengan penetapan tahun lalu, yakni mengacu dari Peraturan Menteri Perhubungaan Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tarif Dasar, Tarif  Batas Atas Tarif Batas Bawah Angkutan Penumpang Antarkota Antarprovinsi Kelas Ekonomi di jalan dengan mobil bus umum, tarif atas untuk AKAP sebesar Rp 160/penumpang/kilometer, sedangkan tarif batas bawah Rp 99/penumpang/kilometer.
‘’Penetapan rentang batas atas dan bawah sudah mempertimbangkan kelangsungan bisnis pengusaha. Saat penumpang padat, operator bus boleh menaikkan tarif dasar,’’ ungkapnya.
Lanjut Eddy, tarif batas atas ini, untuk melindungi penumpang dari permainan tarif dari pengusaha. Dicontohkan, jika penumpang ingin melakukan mudik tujuan Surabaya jarak berkisar 411 km x 160 (tarif batas atas) plus biaya penyebarangan dan jasa raharja. Hasil perhitungan ini merupakan tarif yang berlaku untuk per orang penumpang. Sementara tarif batas bawah dipakai dalam kondisi normal, sedangkan dalam kondisi puncak penumpang seperti Lebaran, yang diterapkan adalah tarif batas atas. ‘’Pengusaha angkutan kami perkenankan bermain di patokan batas bawah dan atas tersebut,’’ jelasnya. (aya)

BAGIKAN