Tingkatkan Ekspor Kerajinan Bali Asephi Bali Ditantang Mampu Buat Even Berskala Internasional

17
  Pengurus Asephi Bali berfoto bersama Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika, saat audensi belum lama ini. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Bali sebagai pintu gerbang aktivitas ekspor aneka produk unggulan ke berbagai negara di dunia. Strategisnya Bali, sangat memungkinkan digelar even penting seperti pameran berskala internasional.

Dengan pengalaman Asephi pusat, mampu mengkemas even pameran InaCraft yang sukses mendatangkan para buyer di seluruh dunia, maka Asephi Bali sangat berpeluang mampu menggelar even yang sama di Bali. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bali, Ny. Ayu Pastika, belum lama ini saat menerima audensi Pengurus Asosiasi Ekspor dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Bali di Denpasar.

Audensi Asephi Bali yang dipimpin langsung Ketua Asephi Bali, I Ketut Dharma Siadja dan diterima Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika.

Menurut Ayu Pastika, dalam menghadapi era perdagangan bebas, Dekranasda Provinsi Bali mendorong pengembangan industri kreatif agar produk lokal bisa bersaing di pasar global. Bali merupakan daerah potensial yang mampu melahirkan tenaga-tenaga kreatif. Juga didukung pesona kearifan lokal yang terbukti disukai wisatawan mancanegara, sehingga produk industri kreatif unggulan yang dimiliki Bali dapat dibawa dan dipasarkan hingga mancanegara.

Terkait persaingan di industri kreatif yang ketat, Ayu Pastika mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas produk lokal.

“Kita menjaga diri dengan menambah wawasan dan menjaga kualitasnya. Para produsen dalam berkarya agar membuat produk berkualitas, motif yang bagus yang tentunya akan dicari di pasaran,” ujarnya sambil berharap ‎Asephi Bali ke depan harus mampu membuat even – even ‎penting bagi peningkatan produk kerajinan Bali yang mampu bersaing untuk pasar lokal maupun global.

Lebih lanjut Ayu Pastika menyebutkan, even nasional yang berskala internasional seperti InaCraft yang digagas Asephi Pusat telah membuat pameran itu menjadi ajang internasional untuk barang-barang kerajinan Indonesia. ”Kami sangat berharap agar Asephi Bali mampu membuat even yang sama di Bali,’’ jelasnya. Dampaknya, lanjutnya, akan mampu meningkatkan pertumbuhan kerajinan Bali. Di samping meningkatkan kedatangan wisatawan untuk bisnis kerajinan maupun berlibur di Bali. Ayu Pastika akan mengajak Asephi Bali dalam acara temu bisnis dengan para buyer. Seperti belum lama ini temu bisnis yang dipasilitasi Kadin Rusia maupun Kadin Jepang yang tertarik untuk melakukan kerjasama dan mengimpor aneka kerajinan unggulan Bali. (sta)

BAGIKAN