Pemkot Denpasar Terapkan Absensi Sidik Jari

13

Denpasar (Bisnis Bali) – Meningkatkan kedisiplinan kepada seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam disiplin kehadiran, Pemkot Denpasar segera akan menerapkan absensi sidik jari. Memanfaatkan digitalisasi sistem absensi sidik jari ini tampak pada Rabu (31/5), seluruh PNS di Sekretariat Daerah Kota Denpasar dilakukan perekaman sidik jari. Tak hanya para pegawai melakukan perekaman, tampak juga diikuti Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Iswara, beserta para Asisten dan para Kepala Bagian lingkungan Sekretariat Kantor Wali Kota.

‘’Pemerintah Kota  Denpasar awal Juli 2017 mendatang semua PNS Kota Denpasar akan menggunakan absen sidik jari.  Sebelum diterapkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan PNS Kota Denpasar melakukan perekaman data absen sidik jari di Kantor Pemerintah Kota Denpasar,’’ ujar Kabid Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Badan  Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, AAN Oka Wiranata, usai perekaman absen sidik jari.

Oka Wiranata mengatakan,  penerapan absensi dengan sistem sidik jari juga  untuk meningkatkan disiplin kehadiran seluruh aparatur Pemkot Denpasar. Sebelumnya Pemkot Denpasar juga telah menerapkan absen sidik jari di beberapa Dinas, sedangkan saat ini secara keseluruhan absensi sidik jari akan diberlakukan pada Juli mendatang.

Dijelaskan, perekaman sidik jari telah dilakukan secara bertahap hingga akhir juni mendatang. Setelah perekaman usai, data akan dikelola oleh BKPSDM Kota Denpasar dengan hasil perekaman baru dikembalikan atau dipasang di masing-masing perangkat daerah paling cepat akhir bulan Juni nanti. Proses absen sidik jari juga akan dilakukan uji coba selama dua bulan yakni pada Juli dan Agustus mendatang.(sta‎)

BAGIKAN