Manfaatkan Momen Bulan Puasa Pedagang Kuliner Musiman Raup Keuntungan  

13
PEMBELI - Salah seorang penjual makanan, Rega, yang sedang melayani permintaan pembeli. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali) –  Aktivitas masyarakat pada bulan puasa, khususnya umat Muslim yang seharian menjalankan ibadah dengan menahan rasa lapar dan haus akan diakhiri dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan pada sore hari.  Hal ini membuat penjual makanan musiman seperti aneka jajanan dan minuman di pinggir-pinggir jalan raup keuntungan yang tentunya jarang didapat pada hari-hark biasa.

Salah seorang pedagang es dengan gelas kemasan, saat ditemui di Kampung Jawa, Jalan Ahmad Yani Selatan, Mega, Kamis (1/6) kemarin mengaku, pada momen puasa ini mampu meraih omzet hingga Rp 2 juta per hari. Pedagang yang mulai berjualan dari pukul 15.00 hingga 17.00 ini, menawarkan berbagai jenis minuman untuk berbuka puasa seperti es teler, es blewah dan es cendol. Dia juga mengatakan, penjualan lumayan laris yang mampu menghabiskan 25 kilogram blewah setiap harinya.

Ditanya soal harga, dia mengatakan harga dari berbagai jenis es dijualnya dengan Rp 6.000 per gelas. Melihat momen-momen tahun-tahun sebelumnya, dia mengatakan biasanya hanya berjualan selama 26 hari yang penjualan sudah mulai dilakukan dari awal puasa lalu. “Kami hanya manfaatkan momen bulan Ramadhan dan 26 hari kami pilih, karena akhir-akhir bulan puasa masyarakat sudah banyak yang mudik ke kampung halaman,” katanya. (wid)

BAGIKAN