Bupati Giri Prasta Buka PKB Kabupaten Badung Ke-39

16
ist PIAGAM - Bupati Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dan Ketua DPRD Badung Putu Parwata memberikan piagam penghargaan  kepada para juara pada lomba yang dilaksanakan pada siang harinya.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Badung ke-39 dibuka secara resmi oleh Bupati Badung Giri Prasta di jaba Pura Lingga Bhuwana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Rabu (31/5) malam. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa beserta istri, Sekretaris Kabupaten Badung Adi Arnawa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta istri, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, anggota DPRD Kabupaten Badung serta undangan dan orangtua siswa yang anaknya meraih juara dalam lomba serangkaian pelaksanaan PKB Badung yang dilaksanakan siang harinya.

Dalam sambutannya Bupati Badung Giri Prasta memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para seniman di Kabupaten Badung yang telah ikut menyemarakkan rangkaian PKB Kabupaten Badung, “Hal ini merupakan wujud sinergitas masyarakat Badung terutama para senimannya untuk mendukung program pemerintah dalam hal mengajegkan adat, agama, seni dan budaya sehingga tidak hilang ditelan budaya asing yang belum tentu sesuai dengan adat, agama, seni dan budaya leluhur kita,” ungkapnya.

Dikatakan, PKB Kabupaten Badung ini di samping untuk mencari duta Badung dalam serangkaian PKB ke-39 ini juga sebagai proses penggalian potensi serta pembelajaran anak PAUD, TK sampai dewasa  di Kabupaten Badung untuk lebih mengenal adat dan budaya Hindu. “Kita bisa lihat antusiasme anak-anak PAUD dan TK dalam lomba berbusana Hindu. Ini merupakan proses pelatihan mental serta membentuk karakter generasi muda dari sejak dini untuk lebih mencintai kegiatan adat dan seni dan budaya Hindu,” katanya.

Giri Prasta menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat komit untuk melaksanakan pengarusutamaan budaya. “Melalui Dinas Kebudayaan saya perintahkan untuk melestarikan sanggar-sanggar seni yang ada serta membentuk sanggar seni yang baru  baru sehingga ke depannya sanggar-sanggar ini mampu menampilkan kreasinya dalam pentas-pentas nasional maupun internasional,” tambahnya.

Sementara Ketua panitia PKB Kabupaten Badung ke-39 Ida Bagus Anom Bhasma yang juga merupakan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung memaparkan PKB ke-39 ini mengambbil tema ‘Ulun Danu’ yang artinya ajakan untuk melestarikan air sebagai sumber kehidupan. “Tema PKB kali  ini bertujuan agar kita senantiasa ingat dengan kegunaan air dalam kehidupan untuk itu karya-karya seni yang ditampilkan dalam PKB ini mengambil tema air,” imbuhnya.

Usai memberikan sambutan Bupati Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dan Ketua DPRD Badung Putu Parwata memberikan piagam penghargaan kepada para juara pada lomba yang dilaksanakan pada siang harinya. (ad1045)

BAGIKAN