HUT Ke-28 LPD Sesetan Berikan Manfaat kepada Desa Pakraman

5
Potong tumpeng, dalam acara HUT ke-28 LPD Sesetan. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Perayaan HUT ke-28 LPD Desa Pakraman Sesetan, Minggu (28/5) lalu berlangsung meriah.  Pada perayaan HUT yang dirangkaikan dengan penarikan undian tabungan dan deposito periode III tahun 2017, ini juga menyerahkan dana pembangunan sebesar Rp 460 juta.

Ketua LPD Sesetan I Made Sugita, S.Sos, mengatakan, selama ini LPD Sesetan telah memberikan kontribusi pada desa pakraman setiap tahun melalui laba yang diperoleh. Laba yang didapatkan tahun 2016 mencapai Rp 2,3 miliar. ‘’Kami telah menyerahkan dalam bentuk dana tunai kepada desa adat Rp 460 juta,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dana inilah yang digunakan untuk menunjang akivitas di Pura Kahyangan Tiga.  “Masing-masing banjar di Desa Sesetan tidak lagi mengeluarkan aci karena sudah disupport oleh LPD. “Itu membuktikan LPD Sesetan telah dapat meringankan beban ring aci Kahyangan Tiga,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau, masyarakat yang belum menjadi anggota LPD agar segera bergabung, karena keuntungan LPD dinikmati langsung oleh masyarakat. ‘’Terlebih lagi dengan perkembangan LPD makin meningkat setiap tahunnya, tentu akan membantu dalam kesejahteraan ekonomi masyarakat. Demikian juga, tidak kalah pentingnya peran provinsi dan kabupaten/ kota yang telah mengadakan pembinaan-pembinaan, sehingga
apa yang menjadi acuan SOP bisa dilakukan,” tambahnya.

Hingga saat ini, LPD Sesetan memiliki asset Rp 54 miliar, sehingga menduduki rangking ke -61 di antara 1.433 LPD di Bali. Dia berharap,kedepannya antusias masyarakat akan terus meningkat dalam memanfaatkan LPD sebagai lembaga keuangan milik desa pakraman. (wid)

BAGIKAN