Lampaui Nasional Pertumbuhan Ekonomi Bali Tergolong Berkualitas  

21
Kepala BPS Bali, Adi Nugroho

Denpasar (Bisnis Bali) – Badan Pusat Statistik (BPS) Bali mencatat hasil Sensus Ekonomi 2016 menunjukkan pertumbuhan ekonomi Bali tergolong berkualitas. Salah satunya dicerminkan dengan ekonomi Bali yang tumbuh 6,24 persen pada 2016 lalu atau melampaui pertumbuhan nasional yang hanya berada di level 5,02 persen pada periode sama.

Kepala BPS Bali, Adi Nugroho di Denpasar, di sela-sela peluncuran Hasil Pendaftaran Usaha atau Perusahaan Sensus Ekonomi 2016 belum lama ini mengungkapkan, capaian dari pertumbuhan ekonomi Bali tersebut membuktikan bahwa Pulau Dewata bergerak lebih cepat dari pada provinsi lain di Indonesia pada 2016 lalu. Selain itu, imbuhnya, pencapaian yang menggembirakan tersebut dibarengi juga dengan angka kemiskinan yang tergolong rendah, yakni hanya 4,15 persen atau tercatat terendah kedua.

Lanjutnya, begitu pula dengan inflasi yang relatif terjaga di kisaran 3 persen, dan ditopang juga dengan angka indeks pembangunan manusia (IPM) 73,65 yang merupakan angka IPM melampaui angka nasional yang hanya 70,18 periode sama. Semua itu, jelas Adi membuktikan pencapaian ekonomi Bali tergolong berkualitas pada tahun lalu.

“Hal ini membuktikan bahwa upaya pemeritah daerah dalam memajukan ekonomi masyarakat Bali cukup berhasil,” tuturnya. (man)

BAGIKAN