Bupati Eka Dinobatkan Jadi Tokoh Pengembang Program Pertanian  

24
Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti memperoleh penghargaan di bidang pertanian. (man)

Jakarta (Bisnis Bali) – Untuk kedua kalinya dalam bulan ini, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, memperoleh penghargaan di bidang pertanian. Sebelumnya, sempat meraih penghargaan dalam bentuk tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan Bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian dari Presiden Ir. Joko Widodo. Kini Bupati Eka dinobatkan sebagai Tokoh Pengembang Program Pertanian.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam ajang iNewsMaker Awards 2017 yang berlangsung pada Senin (22/5), di Plenary Hall MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Penganugerahan iNewsMaker 2017 itu merupakan ajang kali ketiga. Untuk pelaksanaannya kali ini mengambil tema “Indonesia Bangkit” karena berkaitan dengan waktu pelaksanaannya pada Mei yang identik dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional.

Penobatan tersebut disambut dengan rasa syukur oleh Bupati Eka. Hal tersebut diungkapkan saat menerima penghargaan pada malam penganugerahan. “Ini kado yang luar biasa dari Beliau (Tuhan Yang Maha Esa) kesekian kalinya untuk masyarakat Tabanan,” ujarnya.

Dengan adanya apresiasi tersebut, Bupati Eka mengaku sangat termotivasi untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Tabanan dengan basis utamanya di bidang pertanian.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi saya untuk berbuat yang lebih baik lagi. Mengangkat derajat para petani agar tidak menjadi simbol saja, bangga menjadi rakyat Indonesia dan menjadi tuan rumah di tanah airnya sendiri,’’ jelasnya. Untuk itu, segala upaya akan saya lakukan untuk mengedepankan ekonomi yang prorakyat.

Menurutnya, petani merupakan salah satu kaum Marhaen yang perlu dibela seperti yang dalam ajaran Bung Karno atau Ir. Soekarno, Bapak Proklamasi sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia. “Mudah-mudahan apresiasi ini akan lebih memacu dan memotivasi saya untuk berbuat yang lebih baik lagi. Khususnya di bidang pertanian,” tegasnya.

Sejauh ini, sambungnya, beberapa program yang berbasiskan pertanian telah diupayakannya lewat kebijakan selama memimpin Kabupaten Tabanan. Beberapa di antaranya dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMDa) yang ujung tombaknya ada pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di masing-masing desa.

Dengan adanya dua badan usaha tersebut, segala potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa di Kabupaten Tabanan, khususnya yang berkaitan dengan pertanian, bisa diserap untuk dipasarkan. Setidaknya, keberadaan dua badan usaha tersebut bisa memberikan solusi terkait kendala pemasaran yang selama ini dihadapi petani.

Selain membentuk badan usaha, program lainnya yang dilakukan untuk menunjang sektor pertanian adalah dengan membentuk desa wisata. “Masyarakat menjadi pelaku dan penikmatnya langsung. Kami berusaha membuat sektor pertanian itu menjanjikan,” imbuhnya.

Program lainnya adalah dengan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang, sehingga di tahun ini, Kabupaten Tabanan mendapatkan hibah tenaga listrik tenaga mikro hidro yang pemanfaatannya diharapkan bisa menunjang kegiatan pertanian, khususnya di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Di tahap awal, bantuan tersebut akan memproduksi energi listrik yang pemanfaatannya untuk penerang jalan sebanyak 200 titik di areal Desa Jatiluwih. Nantinya, bantuan tersebut akan ditingkatkan lagi dan pemanfaatannya akan dipakai untuk mesin pengolahan gabah atau rice mill.

Program lainnya dalam bentuk pembebasan pajak bagi petani di Desa Jatiluwih yang nantinya dilanjutkan kepada lahan produktif lainnya secara bertahap. Selain itu, membuat program Gerbang Pangan yang dilaksanakan dengan membantu tiap subak senilai Rp 500 juta dalam bentuk sarana prasana serta bibit, serta membuat program Beras Sehat Serasi yang dilaksanakan dengan membeli beras petani dan menyalurkannya ke masing-masing pegawai negeri, serta bekerja sama dengan pemerintah pusat dengan menyiapkan lahan untuk BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Pertanian di Kecamatan Pupuan.

Sebelumnya, CEO dan Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, iNewsMaker Awards merupakan ajang apresiasi yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat untuk berprestasi. “Yang pada akhirnya bisa baik bagi bangsa dan negara,” ujarnya  saat membuka acara tersebut. *

BAGIKAN