Internasional Apresiasi Perekonomian Indonesia  

16

Mangupura (Bisnis Bali) – Apresiasi terhadap perekonomian Indonesia telah muncul pula dari dunia internasional. Baru-baru ini, lembaga pemeringkat S&P menaikkan peringkat rating Indonesia ke tingkat investment grade dengan outlook stabil.

“Indonesia juga telah terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank, pada 2018 mendatang. Pemilihan sebagai tuan rumah merupakan penghargaan kepada Indonesia, sebagai ekonomi yang resilien dan progresif,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara pada saat menjadi keynote speech Diseminasi Laporan Perekonomian serta Ketentuan Bank Indonesia  mengenai GWM Averaging dan KPPK di Kuta, Senin (22/5) kemarin.

Menurutnya, sinergi kebijakan dan koordinasi antara Bank Indonesia, pemerintah dan lembaga terkait lainnya merupakan kunci mendorong resiliensi perekonomian nasional. Langkah-langkah Bank Indonesia menjaga inflasi serta langkah pemerintah menjaga keberlangsungan fiskal pada 2016 telah berhasil menjaga daya tahan ekonomi Indonesia di tengah berbagai tantangan global.

“Pertumbuhan ekonomi 2016 pun tercatat mengalami peningkatan, meski pertumbuhan kredit perbankan belum kuat,” ujarnya.

Mirza Adityaswara juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama seluruh pihak dalam menjaga ekonomi Indonesia pada 2017. Ia juga menilai, sentimen positif investor terhadap perkembangan pemulihan ekonomi domestik dan keberhasilan program amnesti pajak antara lain tercermin pada peningkatan pembiayaan ekonomi nonbank pada 2016. Pembiayaan khususnya diterima melalui penerbitan obligasi korporasi, medium term notes, negotiable certificate of deposit, dan promissory notes. (dik)

BAGIKAN