Pelaku Pariwisata Sambut Baik Berlabuhnya Kapal Pesiar  

25
BERLABUH - Salah satu kapal pesiar yang berlabuh. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali ) – Kawasan pariwisata Lovina kedatangan sebuah kapal pesiar jenis perintis Star Clipper berbendera Malta. Kapal yang mengangkut wisatawan dari berbagai negara dengan jumlah penumpang sekitar 150 orang dan 76 orang kru berlabuh di seputaran laut di Pantai Bina Ria Lovina. Meskipun kawasan pantai Lovina bukan tempat untuk berlabuhnya kapal besar, akan tetapi warga masyarakat khususnya pelaku pariwisata di sekitarnya sangat menyambut baik kehadiran kapal ini, bahkan ke depannya diharapkan mampu secara berkelanjutan ada kapal pesiar jenis Clipper berlabuh kembali di pantai Lovina.

Menurut salah seorang agen kapal I Nyoman Sudama, mengungkapkan kedatangan kapal Star Clipper kali ini ke Lovina merupakan port yang keempat setelah Tanjung Priuk , Semarang, Madura dan Probolinggo. Selain ke pelabuhan yang ada di kawasan Celukan Bawang yang sudah sering kali menuai kunjungan kapal pesiar untuk berlabuh, ini merupakan kali pertama untuk Lovina kedatangan kapal besar.

Ia menambahkan, berlabuhnya kapal ini di Lovina sebagai sebuah usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah Buleleng untuk mempromosikan Lovina ke tingkat internasional, sehingga kapal ini berkeinginan berlabuh di Lovina yang selanjutnya para penumpang akan melakukan wisata diajak mengunjungi beberapa daerah wisata di wilayah Bali dan Buleleng. Terkait dengan berlabuhnya kapal ini sudah berdasarkan keinginan dari para penumpang dan kru kapal dan pihaknya hanya memfasilitasi saja keinginan mereka untuk memberikan pelayanan yang terbaik. “Pertimbangan kami kenapa kapal ini tidak bersandar di dermaga , karena kawasan Lovina bukan kawasan pelabuhan dan dikelola desa setempat selain itu juga Lovina tidak memiliki fasilitas untuk kapal menyandar jadi kapal ini hanya berlabuh di tengah laut Lovina,ini sudah sesuai permintaan penumpang jadi kita hanya memfasilitasinya saja,” ungkapnya. (ira)

BAGIKAN