BPR Berpeluang Terapkan ATM Bersama

18

Semarapura (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) berpeluang menerapkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bersama. Ketua DPK Perbarindo Bali Timur, IDGM Darmawijaya, Rabu (17/5) mengatakan, penerapan ATM bersama ini bisa terwujud jika ada visi dan misi yang sama antar-pengelola BPR.

Direktur Utama BPR Sari Jaya Sedana ini mengungkapkan, BPR masih memungkinkan membuat ATM bersama jika memiliki visi dan misi yang sama. Hanya saja, BPR memerlukan dukungan penerapan teknologi informasi (TI) untuk menopang penerapan ATM bersama tersebut.

Ia menjelaskan, penerapan ATM bersama ini membutuhkan biaya yang besar. Hal ini untuk menyamakan penerapan TI antar-sesama BPR, sehingga program layanan bersama tersebut berjalan. “Perlu adanya penerapan TI yang sama menjadi kendala utama penerapan ATM bersama,” katanya.

Dipaparkannya, BPR yang rata-rata beraset kecil ini tentu akan merasa keberatan dalam penerapan ATM bersama BPR. Mereka sulit untuk memenuhi biaya TI yang begitu tinggi. Yang jelas penerapan ATM ini memerlukan modal besar.

Lebih lanjut dikatakannya, penerapan ATM bersama BPR tidak bisa diterapkan dalam waktu yang singkat. Perlu waktu penyeragaman TI antar-sesama BPR sehingga terwujud penerapan ATM bersama.(kup)

BAGIKAN