Bonsai Bernilai Ekonomi Tinggi  

32
Bonsai memiliki nilai jual tinggi  (ira) 

Singaraja (Bisnis Bali)  – Bonsai merupakan jenis tanaman hias yang memadukan tanaman dengan karya seni. Tidak heran, dewasa ini para penggemar bonsai menyebutnya seni hidup dengan nilai ekonomi tinggi.

Untuk tanaman hias jenis bonsai pada umumnya dibudidayakan dalam pot. Selain untuk mendapatkan hasil membentuk miniatur juga digunakan sebagai tanaman hias di rumah. Buleleng yang beriklim tropis tentunya tidak sulit untuk mendapatkan serta memilih berbagai jenis tanaman untuk dijadikan bonsai.

Menurut Kadek Maruta, salah seorang penggemar bonsai dari Banjar Dinas Seraya Desa Baktiseraga Buleleng mengungkapkan, bonsai menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Dirinya yang gemar mengoleksi bonsai dari 1985 ini mampu mengolah tanaman ini menjadi karya seni yang indah. Menurutnya, bagi para penggemar bonsai, tanaman yang dikerdilkan ini merupakan salah satu seni hidup karena dalam merancang setiap bentuk bonsai, para penggemar selalu memperhatikan setiap anatomi tanaman, warna dan ruang tumbuhnya daripada bonsai itu sendiri. (ira)

BAGIKAN