Bandara I Gusti Ngurah Rai harus Tambah Landasan Pacu

28
BANDARA - Maskapai penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Antisipasi penambahan kedatangan wisatawan ke Bali secara nyata harus mengoptimalkan pemanfaatan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dewan Pembina Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Bagus Sudibya, Rabu (17/5) mengatakan, dalam tahap awal otoritas bandara internasional I Gusti Ngurah Rai harus menambah landasan pacu (runway) sehingga mampu dilalui pesawat berbadan lebar.

Ia mengungkapkan, Bandara I Gusti Ngurah Rai memperpanjang landasan pacu 500 meter, dari 3.000 meter menjadi 3.500 meter. Ini akan mampu dilalui pesawat berbadan lebar. Penumpang pesawat yang mengantarkan wisatawan ke Bali menjadi full kapasitas.

Ia menjelaskan, untuk menampung penambahan kedatangan pesawat Bandara I Gusti Ngurah Rai harus melakukan penambahan kapasitas bandara. Hal ini mencakup upaya perluasan bandara, penambahan luas parkir pesawat termasuk upaya penambahan landasan pacu.

Dipaparkannya, penambahan parkir pesawat ini merupakan hal yang mendesak dilaksanakan. Ke depan, penambahan kedatangan wisatawan akan diikuti penambahan kedatangan pesawat yang mengantar wisatawan.

Keterbatasan lahan parkir pesawat akan menjadi permasalahan bagi pengelolaan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Penambahan kedatangan pesawat yang mengantarkan wisatawan tentu akan menambah banyak pesawat yang menginap di bandara. “Kendala lahan terbatas menyebabkan masalah parkir pesawat,” katanya. (kup)

BAGIKAN