Rai Mantra : Dorong Perbekel Terapkan Siskeudes  

33
Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Kepala BNN Kota Denpasar I Wayan Gede Suwahyu, Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar , Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara,  Ketua Gatri Wara Kota Denpasar Ny. Purnawati Ngurah Gede, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra dan Perbekel Desa Dangri Kangin IGN Putrawan saat meninjau pameran dalam penilaian Lomba Desa dan Kelurahan di Desa Dangin Puri Kangin. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) –  Penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) telah dilakukan pemerintah pusat kepada seluruh desa/kelurahan. Dorongan penerapan Siskeudes ini juga dilakukan Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra kepada desa/kelurahan yang ada di empat Kecamatan se – Kota Denpasar.

 ‘’Pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan secara  transparan, sehingga kepada semua Perbekel se-Kota Denpasar wajib melaksanakan Siskeudes,’’ ujar Rai Dharmawijaya Mantra, belum lama ini saat menghadiri penilaian Lomba Desa dan Kelurahan di Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara.

Acara ini juga di hadiri  Kepala BNN Kota Denpasar I Wayan Gede Suwahyu, Wakil Ketua Tim Penggerak  PKK Kota Denpasar  Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara,  Ketua Gatri Wara Kota Denpasar Ny. Purnawati Ngurah Gede dan Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan penerapan Siskeudes telah dilakukan Desa/Keluarahan di Kota Denpasar, namun hal ini tetap kita berikan dorongan yang nantinya mampu memberikan transparansi keuangan desa kepada masyarakat. Desa Dangin Puri Kangin salah satunya yang telah menerapkan Siskeudes dan sarana prasaran berbasis digital.

Hal ini  menurut Rai Mantra akan bisa tersambung dengan program Denpasar Smart City. Dalam program ini perbekel harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat, serta yang terpenting dalam lingkungan desa tidak ada anak sekolah yang putus sekolah.

‘’Lomba desa tidak saja menilai penerapan transparansi keuangan dan program digital, namun juga melakukan penilaian pemasalahan sosial masyarakat yang ada di tiap desa,’’ ujar Rai Mantra.

Kebutuhan akan pendidikan bagi masyarakat menjadi program dasar Pemkot Denpasar yang  menargetkan lama sekolah sampai 12 tahun. Melihat dari angka tersebut di Denpasar tingkat lama sekolah  anak-anak telah mencapai hampir 12 tahun.

‘’Dalam penyelesaian permasalahan tersebut tak terlepas dari program dan inovasi aparatur terbawah yakni Perbekel dan Kelurahan,’’ katanya.
Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Rai Mantra juga mengajak Perbekel dan seluruh elemen masyarakat Desa Dangin Puri Kangin untuk melakukan program penataan kawasan desa yang dapat terhindar dari pembangun rumah kumuh.  Terlebih Desa Dangin Puri Kangin berada di tengah kota dengan sinergitas program masyarakat harus terus ditingkatkan, serta kawasan desa harus bebas dari narkoba.   (sta)

BAGIKAN