Program CSR di Tabanan, Kurangi  Keluarga Bertempat Tinggal tak Layak Huni 

22
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melalui Kepala Cabang PT Taspen Denpasar I Gede Agus Adi Sucipto menyerahkan bantuan bedah rumah lewat program CSR  (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Jumlah kepala keluarga di Kabupaten Tabanan dengan bertempat tinggal tak layak huni telah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Salah satunya yang berkontribusi menekan jumlah itu adalah program coorporate social responsibility (CSR), di samping program rutin dari pemerintah lewat APBD.

“Jumlah kepala keluarga di Kabupaten Tabanan yang bertempat tinggal tidak layak huni dari semula sekitar 5.000 unit, kini telah turun berkisar di angka sekitar 2.700 unit,” tutur Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak I Nyoman Gede Gunawan, di sela-sela serah terima bantuan bedah rumah lewat program CSR yang diserahkan oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti melalui Kepala Cabang PT Taspen Denpasar I Gede Agus Adi Sucipto, Senin (15/5).

Ia menerangkan, tahun ini pihaknya memprogramkan untuk 60 unit yang sumbernya dari APBD. Selain itu, ada juga BPD Bali yang selalu rutin memberikan CSR. Serta beberapa lainnya yang sudah siap untuk ikut membantu. Bahkan, tahun ini, dari Kementerian Sosial juga telah mengucurkan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni senilai hampir Rp 3 miliar untuk 200 unit.
“Mudah-mudahan, dengan semakin banyaknya bantuan, masyarakat Tabanan akan terbebas dari rumah yang tidak layak huni,” tuturnya.
Serah terima tersebut disaksikan banyak pihak. Tidak hanya perangkat desa maupun masyarakat setempat saja.  Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan juga turut menyaksikannya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Eka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT Taspen yang turut memberikan program CSR kepada salah satu warga Tabanan. Dia menegaskan bahwa program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR sangat membantu proses pengentasan kemiskinan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan berkurangnya jumlah kepala keluarga yang menghuni rumah tidak layak huni. (man)

BAGIKAN