Mega Proyek Infrastruktur Pusat, Tentukan Perkembangan Ekonomi Bali  

52

Denpasar (Bisnis Bali) –
Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan ekonomi Bali sampai saat ini masih belum dapat dinikmati masyarakat sampai pelosok pedesaan. Bahkan, saat ini kelesuan ekonomi sangat dirasakan di mana pendapatan masyarakat tidak ada perubahan, sedangkan barang di pasar terus naik.

Maka itu, mendongkrak kondisi tersebut pemerintah pusat harus segera meluncurkan beberapa mega proyek infrastruktur yang telah direncanakan. Seperti proyek pembuatan Bandara Bali Utara, pembuatan jalan tol Sunset Road – Soka – Seririt dan lainnya.

Praktisi bisnis properti,  I Wayan Sukarja yang akrab dipanggil John Sadewa menegaskan ‎kehadiran proyek infrastruktur  yang menggunakan dana pusat akan berdampak langsung bagi perekonomian di Bali. Karena akan membuka banyak kesempatan kerja bagi masyarakat dan memeratakan pertumbuhan ekonomi antara perkotaan dengan daerah lainnya di Bali.
”Kondisi perekonomian di Bali sedikit tidaknya terpengaruh dengan perpolitikan di Indonesia. Pertengahan masa kepemimpinan Jokowi – Jusuf Kalla dengan berbagai kebijakan ekonomi yang telah diluncurkan belum memperlihatkan dampak signifikan bagi perkembangan perekonomian masyarakat. Seperti di Bali, ‎pertumbuhan ekonomi mencapai 6 persen.

Pertumbuhannya telah melampaui angka nasional. Namun perekonomian di Bali masih nampak lesu dan belum menunjukkan tanda-tanda positif untuk segera bangkitnya sektor riil,” katanya sambil menyebutkan ‎Bali yang menghandalkan sektor pariwisata budaya, nampaknya tidak dapat diharapkan seperti tahun – tahun sebelumnya. Karena turunnya kualitas wisatawan yang berkunjung ke Bali. (sta)

BAGIKAN