Telur Asin Beri Nilai Tambah bagi Peternak

18

TELUR asin banyak digemari masyarakat, sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Selain rasanya yang nikmat, mengasinkan telur juga menjadi salah satu alternatif untuk memperkecil kerugian bagi peternak.

Untuk mencegah kerugian peternak bebek petelur, saat produksi telur bebek melimpah dan tidak terserap pasar secara keseluruhan adalah dengan mengolahnya menjadi telur asin. Menurut Ir. Ni Made Yudiastari, M.Si., dosen Fakultas Pertanian, Program Studi Peternakan, Universitas Warmadewa, telur cepat busuk jika tidak segera diolah. “Jadi mengolah telur yang tidak terjual menjadi telur asin, dapat mencegah rusaknya telur. Selain itu juga memberikan nilai tambah bagi peternak,” ucapnya.

Dari segi bisnis, pembuatan telur asin ini sangat menguntungkan karena banyak peminatnya. “Ketimbang makan telur rebus biasa, banyak orang lebih memilih telur asin. Telur bebek rasanya lebih amis ketimbang telur ayam, sehingga kalau hanya direbus tidak banyak yang menyukainya berbeda dengan telur asin yang rasanya lebih enak,” tuturnya. Hal tersebutlah yang mengakibatkan permintaan telur asin tidak pernah sepi.

“Telur bebek yang telah diolah menjadi telur asin nilai jualnya meningkatkan dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000 hingga Rp 3.500 per butir. Selain itu daya tahannya juga menjadi lebih lama,” tandasnya. Untuk membuat telur asin juga sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh para wanita tani.

1
2
BAGIKAN