Badan Pusat Statistik (BPS) Bali mencatat lulusan universitas mendominasi angka pengangguran di Pulau Dewata saat ini. Sebagian besar lembaga pendidikan selalu menebar janji mampu mencetak lulusan yang andal dan siap bekerja ketika lulus dari dunia pendidikan tersebut. Kenapa sarjana mendominasi?

TENAGA kerja merupakan salah satu persoalan dalam penanganan kependudukan di Provinsi Bali selama ini. Terlebih lagi, Provinsi Bali sebagai ikon pariwisata nasional yang tidak saja menjadi daya tarik bagi wisatawan akan tetapi juga menarik bagi pencari kerja untuk mengadu peruntungan. Industri pariwisata yang menjadi motor penggerak perekonomian Bali menyediakan peluang kerja yang menjanjikan baik bagi penduduk Bali maupun penduduk di luar Bali.

Meningkatnya jumlah penduduk Bali tidak bisa terlepas dari kenyataan tersebut, yang pada gilirannya membawa berbagai persoalan sosial ekonomi tersendiri, salah satunya masalah ketenagakerjaan. Hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2017 menunjukkan, adanya perbaikan kondisi ketenagakerjaan yang digambarkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja maupun jumlah penduduk bekerja dan penurunan tingkat pengangguran. 

1
2
3
4
5
BAGIKAN