Wabup Suiasa Serahkan Hibah di Desa Adat Kuwum Nyelati 

26
ist HIBAH - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan dana hibah Rp 3 M lebih untuk pembangunan di Desa Adat Kuwum Nyelati.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Badung tidak henti-hentinya mendukung dan membantu segala pembangunan yang dilaksanakan masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan melalui bantuan dana hibah yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Salah satunya saat Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri piodalan di Pura Desa dan Puseh Desa Adat Kuwum Nyelati, Mengwi, Jumat (12/5) lalu sekaligus menyerahkan bantuan dana hibah Rp 3 M lebih untuk pembangunan di Desa Adat Kuwum Nyelati. Hibah yang diserahkan Rp 2 M untuk pembangunan Pura Dalem dan Rp 1,4 M untuk Karya Ngusaba Dalem di Banjar Adat Kuwum. Selain menyerahkan hibah, Wabup Suiasa juga mengukuhkan dan menyerahkan Surat Keputusan Bendesa Adat Kuwum Nyelati yag baru yakni I Wayan Regep dan Kerta Desa Adat Kuwum Nyelati. Kehadiran Wabup Suiasa didampingi sejumlah anggota DPRD Badung, Camat Mengwi serta tokoh masyarakat Kuwum.
Bendesa Adat Kuwum Nyelati I Wayan Regep yang juga anggota DPRD Badung didampingi Kerta Desa, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Wakil Bupati di tengah-tengah pelaksanaan pujawali di Pura Desa dan Puseh Kuwum, yang sekaligus menyerahkan dana hibah kepada masyarakat. Regep menyampaikan, pihaknya telah menyusun berbagai program pembangunan di Desa Adat Kuwum Nyelati. Mulai dari rencana Ngusaba Dalem di Banjar Adat Kuwum pada 19 Juli 2017 yang akan datang. Selain itu rencana pembangunan di Pura Dalem di Banjar Adat Nyelati, mengadakan seperangkat gong semarandana untuk Sanggar Seni Linggarcana. Rencana lainnya, membangun sanggar seni, salon desa, rest area. Ke depan Desa Adat Kuwum Nyelati akan mengembangkan wisata desa. Rencana ini sudah didukung adanya badan jalan melingkar di pinggir Sungai Yeh Sungi. Wisata ini akan menyuguhkan pesona “giri mulia” dengan wisata desa “alam dedari”. Untuk
di Pura Desa akan diperbaiki bale peselang dan pewaregan, juga rencana membangun TK Hindu, taman bumi banten, dengan menanam tanaman upakara. Pasar Desa Adat Kuwum Nyelati juga rencananya dibangun. “Kami atas nama krama Desa Adat Kuwum Nyelati akan siap menjalankan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), sehingga kami menjadi contoh program Badung ke depan,” jelasnya
Wabup Suiasa sangat mendukung program kegiatan yang akan dilaksanakan Desa Adat Kuwum Nyelati. Untuk mewujudkan desa wisata, pemerintah akan menurunkan tim untuk mengkaji dan membuat DED terkait hal tersebut. Sementara penyerahan dana hibah ini merupakan wujud dukungan pemerintah bersama DPRD Badung untuk suksesnya pembangunan di desa maupun desa adat. Hal ini juga sebagai implementasi dari skala prioritas program pembangunan Badung. Salah satunya dalam melestarikan dan mengembangkan seni, adat, agama dan budaya di masyarakat, karena akar dari pelestarian seni budaya adalah masyarakat banjar, desa dan desa adat itu sendiri. Untuk itu Wabup Suiasa mengharapkan seluruh masyarakat selalu menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan serta mendukung program Pemkab Badung yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Badung. (ad945)

BAGIKAN