Terendah di Bali DPRD Harapkan Tarif PDAM Tabanan tak Naik  

23
Kunjungan kerja Komisi III DPRD Tabanan ke PDAM. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Komisi III DPRD Kabupaten Tabanan mengharapkan tarif air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) agar tak naik dalam waktu dekat. Itu terjadi meski sejak tujuh tahun terakhir belum terjadi penyesuaian tarif ke pelanggan. Hal itu sekaligus membuat tarif layanan PDAM Tabanan berada di posisi termurah di Bali saat ini.

“Kami sangat apresiasi kinerja PDAM Tabanan yang sudah sangat baik selama ini. Namun yang jadi persoalan, ternyata tarif PDAM di Tabanan ternyata paling rendah, bahkan di Bali. Ironisnya, masyarakat tidak mengetahui bila tarif murah tersebut karena adanya subsidi oleh PDAM. Meski begitu, kami harapkan kenaikan tarif PDAM ini jangan dulu dilakukan,” tutur Ketua Komisi III DPRD Tabanan, I Wayan Lara di sela-sela rapat kerja dan kordinasi antara anggota komisi III DPRD Kabupaten Tabanan dengan PDAM Kabupaten Tabanan, Jumat (12/5) kemarin.

Ia menerangkan, PDAM Tabanan agar jangan dulu menaikkan tarif, karena waktunya belum tepat. Sarannya, nanti harus ada kajian lebih lanjut untuk menyikapi murahnya tarif layanan air bersih tersebut. Selain itu, imbuhnya, jika nanti menaikkan tarif, harus ada sosialisasi ke masyarakat dan menginformasikan bahwa selama ini PDAM menanggung subsidi dari biaya yang harus dibayarkan konsumen.

Selain itu, hasil dari rapat kerja dan kordinasi Komisi III bersama Direktur Utama PDAM Tabanan, IB Oka Sedana mendapati bahwa selama ini Kabupaten Tabanan belum memiliki mata air milik perusahaan daerah. Jelas Lara, sebagian besar air bersih yang disuplai PDAM Kabupaten Tabanan adalah bersumber dari tempat mata air yang ada di sejumlah desa yang ada. Katanya, kondisi tersebut berpeluang menimbulkan masalah, bila nanti tidak diantisipasi berpeluang PDAM tidak akan memiliki sumber air yang bisa dikelola untuk kemudian didistribusikan ke pelanggan.

“Terkait tidak adanya sumber air yang dikelola PDAM ini, kami akan kaji terlebih dahulu atau mencari sumber-sumber air baru,” ujarnya.(man)

BAGIKAN