Program Magang, Ciptakan Wirausaha Baru

18
MAGANG – Penutupan program magang yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM RI, (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Kementerian Koperasi dan UKM RI dari tahun 2011 membuat program magang. Program yang menyentuh langsung masyarakat belajar dan praktik ke pelaku usaha yang sudah berkembang, sehingga sampai program selesai peserta magang dapat menjadi wirausaha baru.

‎Kepala Bidang Organisasi dan Pendidikan Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Eko Heriyono, Jumat (12/5) menjelaskan, program magang sangat efektif dan tepat sasaran. Program magang dilaksanakan Kementerian Koperasi dan UKM sejak tahun 2011 sampai 2018 sudah mampu menciptakan banyak pelaku usaha atau wirausaha muda, karena program tersebut langsung praktik.

”Program magang bukan belajar teori saja. Bahkan, dapat dikatakan langsung praktik/kerja sesuai bidangnya. Misalnya, peserta ikut magang membuat kerajinan sandal, maka langsung akan diajak membuat sandal. Maka peserta akan cepat mengetahui cara dan langsung membuat sandal,” katanya.

Eko Heriyono mengatakan, tujuan program magang ini untuk meningkatkan keterampilan dalam produksi, sehingga peserta memiliki bekal keterampilan di masing-masing bidang. Kemudian dapat mendorong peserta magang menjadi pengusaha pemula.

”Kami mengajak peserta untuk praktik langsung, sehingga dari jumlah program magang ini selesai, minimal 25 persen yang langsung menjadi pengusaha. Kami yakin, pasti peserta mampu menangkap dan memperdalam keterampilannya, sehingga berani membuka usaha baru. Atau dengan ikut menjadi peserta magang dapat langsung bermitra dengan perusahan di mana tempat magang,” katanya.(sta)

BAGIKAN